Warga Air Belo Fokus Perkebunan dan Pertanian

Semenjak timah tidak lagi menjadi mata pencarian utama, kini masyarakat di Desa Air Belo mulai fokus pada pertanian dan perkebunan.

Warga Air Belo Fokus Perkebunan dan Pertanian
Istimewa
Kunjungan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Roesman ke Desa Air Belo. 

BANGKA POS - Semenjak timah tidak lagi menjadi mata pencarian utama, kini masyarakat di Desa Air Belo Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai fokus pada pertanian dan perkebunan.

Mulai dari perkebunan karet, sawit, lada dan sayur mayur menjadi andalan warga. Mereka juga mulai memanfaatkan lahan kosong sebagai pertanian.

Penjabat Kades Air Belo Pangki Alamsyah menerangkan, dulu wilayahnya cukup terkenal dengan wilayah timah. Kini mulai berubah karena sudah ditinggalkan.

Masyarakat didorong untuk bertani dan berkebun, memanfaatkan lahan bekas tambang timah dengan menanam berbagai jenis tanaman.

“Sedikit demi sedikitlah mengubah masyarakat kita, dari awalnya menambang timah kemudian berkebun, sebetulnya warga kami ini mata pencariannya bertani dan berkebun,” terang Pangki.

Dia mengatakan, untuk mendukung pertanian dan perkebunan di desanya, pihaknya menganggarkan bibit lada untuk petani.

Petani yang menginginkan bibit ini cukup menunjukkan kartu tanda penduduk Air Belo kemudian tidak menjualnya kepihak manapun.

“Mereka yang sudah mendapatkan bibit di tahun sebelumnya tentunya dialihkan ke yang belum, kami usahakan agar petani bisa berkebun,” ucapnya.

Selain itu petani kini juga mulai pintar memanfaatkan lahan, mereka bisa menanam tanaman yang bisa dengan cepat menghasilkan nilai ekonomi. Misalnya nanas, jagung, ubi hingga sayur mayur.

Lahan pekarangan desapun kini mulai dimanfaatkan dengan menanam buah-buahan dan sebagainya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved