BangkaPos/

Air Putih Favoritkan Buah-buahan, Keranji Hingga Durian Jadi Buruan

Jika berkunjung ke Desa Air Putih, siap-siap menikmati berbagai jenis buah-buahan yang menggugah selera.

Air Putih Favoritkan Buah-buahan, Keranji Hingga Durian Jadi Buruan
Istimewa
Penandatanganan Desa Air Putih sebagai kampung KB oleh Bupati Bangka Barat Parhan Ali. 

BANGKA POS - Jika berkunjung ke Desa Air Putih Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap-siap menikmati berbagai jenis buah-buahan yang menggugah selera.

Buah keranji adalah satu diantara buah andalan di desa ini. Terdapat juga buah durian, duku, karamunting yang tidak kalah menariknya.

Desa inipun menjadikan icon pengenal kepada mas­yarakat luas yakni buah ke­ranji. Hal ini bukan tanpa sebab, karena populasinya cukup mudah ditemui.

“Kalau lagi musim buah banyak warga dari berbagai daerah datang ke Air Putih, sampai-sampai orang luar negeri juga ada ingin melihat buah ke perkebunannya,” ujar Kades Air Putih, Ayun Permana.

Bapak tiga anak ini mene­rangkan, pihak desapun melihat ini sebagai peluang. Melalui ibu-ibu PKK me­reka membuat manisan buah keranji, kemudian asinan kemang asem dan sebagainya.

Desa ini juga berencana akan mengembangkan sektor kearah yang lebih serius, dengan melakukan pembibitan juga budidaya agar bisa dinikmati siapapun.

“Buah-buahan ini kebanyakan sudah ada dari orangtua zaman dulu, rencananya kedepan bagaimana ini bisa berkembang dan menjadi nilai ekonomis,” paparnya.

Masyarakat di Desa Air Putih yang sebagian besar bertani dan berkebun serta melaut juga pandai meng­olah hasil dari perkebunan. Seperti olahan air jahe, keripik berbagai jenis, teh daun buah naga, tepung dari ubi, memiliki nilai ekonomi yang kini mulai dilirik warga.

“Alhamdulillah ibu-ibu PKK sangat aktif, mereka memiliki kebun yang bisa diolah. BUMDes juga sudah berdiri, usahanya seperti fotocopy dan ATK dan rencananya hasil produk olahan warga akan dikelola me­reka,” terangnya.

Kunjungan tim penilai dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat.
Kunjungan tim penilai dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat. (Istimewa)

Saat ini desa sedang fokus pengerjaan jalan usaha tani untuk memudahkan petani beraktivitas. Kedepan akan dibangun lagi akses-akses lainnya untuk memudahkan masyarakat.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help