DLHD Babel Kumpulkan Data Sumbangan Emisi Gas Rumah Kaca dari Empat Sektor

Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengumpulkan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

DLHD Babel Kumpulkan Data Sumbangan Emisi Gas Rumah Kaca dari Empat Sektor
Bangka Pos/Dedi Qurniawan
Kepala Seksie (Kasi) Pemeliharaan Lingkungan Hidup Reskiansyah 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengumpulkan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkiat dari kabupaten kota di Babel, Senin (16/4/2018) pagi, guna membahas inventarisasi data terkait Gas Rumah Kaca (GRK) di seluruh Babel.

Kepala Seksie (Kasi) Pemeliharaan Lingkungan Hidup Reskiansyah ‎menuturkan, ‎data terkait emisi gas rumah kaca yang akan dikumpulkan berasal dari empat sektor.

Keempatnya adalah sektor energi, limbah, pertanian dan peternakan, sektor proses industri dan penggunaan produk.

"Data ini akan kami olah dengan aplikasi online Sign Smart (Sistem Inventory GRK Nasional Sederhana Mudah Ringkas dan Transparan). Ini dipakai seluruh daerah di Indonesia. Kami akan mengumpulkan update terbaru setelah ini. Mudah-mudahan data itu terkumpul dalam waktu tidak terlalu lama,"kata Reskiansyah kepada Bangka Pos seusai pertemuan.

Pada rapat tersebut dibahas, teknis masing perwakilan OPD yang tergabung dalam kelompok kerja. Pokja akan mengumpulkan data aktivitas pemicu emisi gas rumah kaca di Bangka Belitung.

Di sektor ertanian itu misalnya, Pokja akan mengumpulkan dan mengolah data pengunaan pupuk. Konsumsi pupuk dinilai menghasilkan sumbangan emisi bagi gas rumah kaca.

"Inventarisir ini hasil ouputnya dokumen profil GRK Babel. Hasilinya berupa perkiraan berapa emisi yang dihasilkan dari data aktivitas yang dikumpulkan," kata Reski.

‎Dia mengatakan, pertemuan secara nasional membahas inventarisir data GRK ini juga akan digelar pada 23 April mendatang. "Jadi kami juga harus bergerak cepat juga," ucap dia.

Inventarisir data GRK disebut merupak‎an amanat Peraturan Presiden nomor 71 tahun 2011. ‎Pertemuan tadi dibuka oleh Plt. Kepala DLHD Babel Syahrudin. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help