Ingin Belajar Jadi Intel dan Gabung di BIN, Ayo Daftar ke STIN, Berikut Persyaratannya

Menjadi seorang intel tentunya pekerjaan yang menantang. Apakah mimpi menjadi seorang intel dapat terwujud? Apakah di Indonesia ada lembaga intelijen?

Ingin Belajar Jadi Intel dan Gabung di BIN, Ayo Daftar ke STIN, Berikut Persyaratannya
Istimewa
intelijen 

BANGKAPOS.COM -- Kalian pernah nonton film James Bond, Mission impossible atau film Knight and Day? setelah menonton film itu pernahkan membayangkan jadi James Bond ataupun Ethan Hunt.

Menjadi seorang intel tentunya pekerjaan yang menantang. Apakah mimpi menjadi seorang intel dapat terwujud? Apakah di Indonesia ada lembaga intelijen?

Badan Intelijen Negara (BIN) adalah lembaga resmi intelejen di Republik Indonesia.  Saat ini BIN dipimpin oleh Jenderal Polisi Budi Gunawan.

Dari mana para petugas BIN berasal. Satu diantaranya berasal dari Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Bagi yang berminat menjadi bagian dari STIN,  Sejak tanggal 9 April 2018 lalu, pemerintah telah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa/taruna untuk delapan sekolah kedinasan/ ikatan dinas.

Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Komjen Pol Budi Gunawan mengucapkan sumpah jabatan pada acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9/2016). Budi Gunawan dilantik menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso.
Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Komjen Pol Budi Gunawan mengucapkan sumpah jabatan pada acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9/2016). Budi Gunawan dilantik menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Salah satu lembaga pendidikan kedinasan yang membuka pendaftaran adalah Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).

Kalau tahun lalu sekolah kedinasan di bawah Badan Intelijen Negara (BIN) hanya menerima 124 mahasiswa, tahun ini bertambah menjadi 150 orang.

Tahun lalu, STIN menjadi salah satu sekolah favorit dengan pelamar mencapai 9.377 orang, yang berarti satu bangku diperebutkan oleh 75  hingga 76 orang. Lembaga pendidikan kedinasan ini menyelenggarakan pendidikan di bidang intelejen dan dapat menyelenggarakan pendidikan profesi, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

Sesuai Undang-Undang No. 17/2011, alumni STIN yang sebelumnya bernama Institut Intelejen Negara (IIN) ini, menjadi sumber utama SDM BIN.

Bagi para siswa kelas 3 SMA/SMK/MA yang sebentar lagi akan lulus, bisa menjadi pilihan dalam melanjutkan kuliah. Ada dua Program Studi (Prodi), yakni Agen Intelejen, dan Analis Intelejen. Bagi yang berminat, terlebih dahulu harus memahami berbagai persyaratan yang telah ditetapkan.

Halaman
1234
Penulis: teddymalaka
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help