Negara-negara Arab Tak Bahas Serangan Rudal AS dan Sekutunya ke Suriah

Para Pemimpin Negara Arab tidak membahas serangan rudal AS dan sekutunya ke Suriah pada KTT Liga Arab.

Negara-negara Arab Tak Bahas Serangan Rudal AS dan Sekutunya ke Suriah
AP Photo/Hassan Ammar
Serangan misil Amerika Serikat dan sekutunya di langit Suriah, Sabtu (14/4/2018). 

BANGKAPOS,COM, JAKARTA - Para Pemimpin Negara Arab tidak membahas serangan rudal Amerika Serikat (AS), Inggris dan Perancis ke Suriah pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab.

KTT tersebut digelar di Arab Saudi pada Minggu (15/4/2018), sehari setelah serangan terkoordinasi oleh AS, Inggris dan Prancis terhadap tiga area yang diduga terkait dengan produksi senjata kimia di Suriah.

Baca: Inilah 8 Negara Paling Aman untuk Berlindung Jika Perang Dunia III Pecah

Menurut seorang juru bicara KTT, para pemimpin Arab sempat menyinggung konflik Suriah, tetapi tidak menyoroti serangan yang menargetkan situs-situs dekat Damaskus dan provinsi Homs.

"Para pemimpin menyarankan penyelidikan internasional serta menyayangkan penggunaan senjata kimia di Suriah," ujar Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir, seperti dilansir Al Jazeera, Senin (16/4/2018).

Sebelumnya, Arab Saudi, Bahrain dan Qatar telah mengeluarkan pernyataan untuk mendukung serangan tersebut. Sementara Mesir, Irak dan Libanon menyatakan keprihatinannya.

Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang membantah bahwa rezimnya menggunakan atau memiliki senjata kimia, tidak hadir pada pertemuan itu setelah Suriah ditangguhkan dari Liga Arab pada 2011 lalu.

Baca: Dewan Keamanan PBB Tolak Seruan Rusia Agar AS dan Sekutunya Dihukum Karena Serang Suriah

Analis politik senior Al Jazeera, Marwan Bishara mengatakan "aneh" bahwa serangan AS baru-baru ini di Suriah tidak ada dalam agenda pembahasan.

"Itu sangat aneh. Ini yang bisa disebut sebagai pertemuan tanpa dasar," kata Marwan.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help