BangkaPos/

Poltekpar Palembang Beri Bimtek Stakeholder Pariwisata Belitung Supaya Paham

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang menggelar Bimbingan Teknis atau Bimtek Bidang Pariwisata, Senin (16/4/2018).

Poltekpar Palembang Beri Bimtek Stakeholder Pariwisata Belitung Supaya Paham
Istimewa
JARGON PARIWISATA -- Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Hermanto, saat menjelaskan jargon pariwisata Belitung kepada Direktur Politeknik Pariwisata Palembang, Zulkifli Harahap, usai membuka Bimtek Bidang Kepariwisataan di Hotel Golden Tulip Belitung, Senin (16/4/2018) 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang menggelar Bimbingan Teknis atau Bimtek Bidang Pariwisata, Senin (16/4/2018). Kegiatan selamat empat hari di Hotel Golden Tulip Belitung melibatkan seluruh stakeholder kepariwisataan.

Direktur Poltekpar Palembang, Zulkifli Harahap mengatakan, Bimtek diadakan untuk mewujudkan kesepahaman, koordinasi, dan kerja sama semua pihak untuk memajukan bidang pariwisata di Kabupaten Belitung, terutama yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan.

Bimtek juga sebagai bekal penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah ditetapkan sebagai destinasi baru oleh Pemerintah Repukblik Indonesia melalui Kementerian Pariwisata.

"Bimtek sebagai awalan untuk menanamkan pemahaman yang nantinya bisa menjadi budaya, dan berlanjut kepada kebutuhan mereka bahwa pariwisata sebenarnya bisa memajukan ekonomi kerakyatan," ujar Zulkifli Harahap melalui rilis resmi yang diterima Bangka Pos.

Zulkifli menjelaskan, Poltekpar Palembang sebagai kampus negeri di bawah Kementerian Pariwisata RI memiliki tiga kewajiban Tri Dharma, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Bimtek merupakan satu di antaranya.

"Bimtek adalah dasarnya. Nantinya setelah memiliki pemahaman tentang kepariwisataan, hospitaliti atau pelayanan, mereka yang ikut bimtek ini bisa didorong untuk mengimplementasikannya dalam memajukan pariwisata lokal. Seperti pengembangan homestay, pemasaran digital dan sebagainya. Tapi harus paham dasarnya dulu lewat bimtek. Jangan tidak tahu dasar pelayanan atau kepariwisataan tapi sudah didorong mengembangkan destinasi pariwisata," jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Belitung, Hermanto mengungkapkan, bimtek menjelaskan terkait hal teknis di lapangan terkait kepariwisataan. Peserta nantinya bisa memahami dan menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapi di lapangan.

"Kita ingin pariwisata bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Agar pariwisata Belitung maju lebih pesat, harus ada pemahaman dasar terlebih dulu. Mereka harus paham seperti apa bentuk pelayanan, penanganannya dan bagaimana cara mengembangkannya dengan lebih kreatif," sebutnya.(*)

Penulis: teddymalaka
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help