Persiapan UNBK di Desa Terpencil Bangka Tengah, Permasalahan Listrik Masih Menjadi Kendala

UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sebentar lagi akan dilaksanakan serempak oleh anak-anak SMP di Indonesia. Sehingga banyak

Persiapan UNBK di Desa Terpencil Bangka Tengah, Permasalahan Listrik Masih Menjadi Kendala
Bangka Pos/Adinda Rizki Amanda
Azwir bersama guru-guru lainnya foto bersama di SMPN 3 Satu Atap di Pangkal Raya. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Adinda Rizki Amanda

BANGKAPOS.COM, BANGKA - UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sebentar lagi akan dilaksanakan serempak oleh anak-anak SMP di Indonesia. Sehingga banyak sekolah-sekolah telah lama melakukan persiapan untuk melaksanakann UNBK pada tanggal 23 April ini, Selasa (17/4/2018).

Hal ini juga yang sedang dipersiapkan oleh SMPN 3 Satu Atap Sungaiselan. Meski berada di desa terpencil Pangkalraya, ujian yang menggunakan komputer ini tetap akan dilakukan.

Saat ini pun persiapan UNBK SMPN 3 Satu Atap Sungaiselan sudah mencapai 90 persen. Ujian ini akan dilaksakan langsung di SMPN 3 Satu Atap di pangkalraya sebab sebelumnya ujian nasional pernah dilakukan di SMPN 1 Sungaiselan.

Azwir (43) kelapa sekolah SMPN 3 mengungkapkan kendala dari UNBK ini yakni masalah listrik yang masih lemah dan sering mati serta faktor cuaca yang yang tidak menentu.

"Kalau bahas kendalanya yakni hanya pada masalah listrik yang lemah dan sering mati sebab dalam ujian nasional kan kita butuh daya listrik yang kuat," jelas Azwir kepada Bangka Pos Group.

Jika tahun sebelumnya yang mengikuti UNBK hanya terdiri dari 10 orang siswa namun saat ini anak-anak yang mengikuti UNBK dari SMPN 3 Satu Atap Sungaiselan sudah berjumlah 15 orang siswa.

Meski mengalami peningkatan dari jumlah peserta UNBK tahun ini. Namun Azwir mengaku di tahun 2015 lalu jumlah peserta UN di pangkalraya pernah hanya berjumlah 2 orang.

"Kami sudah mencoba semaksimal mungkin, baju sudah kami belikan, tas sudah kami belikan sampai kami bicara langsung ke anak dan orangtua siswa untuk ikut UN namun tidak berhasil," jelasnya saat ditemui dikantor guru.

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved