Ketua KPU dan Kajari Belitung Teken MoU

KPU Kabupaten Belitung dan Kejari Belitung menandatangani nota kesepahaman (MoU) perjanjian kerjasama bidang hukum perdata dan tata usaha negara

Ketua KPU dan Kajari Belitung Teken MoU
Bangka Pos / Dede Suhendar
Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan dan Kajari Belitung Sekti Anggraini berjabat tangan usai teken MoU di Restoran Pandan House, Rabu (18/4/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - KPU Kabupaten Belitung dan Kejari Belitung menandatangani nota kesepahaman (MoU) perjanjian kerjasama bidang hukum perdata dan tata usaha negara di restoran Pandan House, Rabu (18/4/2018).

Dalam perjanjian tersebut fokus terhadap gugatan perselisihan hasil rekapitulasi pemilihan keputusan KPU oleh salah satu pasangan calon.

"Dalam hal ini Kejaksaan akan mendampingi, memberikan bantuan dan pelayanan hukum terhadap permasalahan yang dihadapi KPU dalam Pilkada ini. Jadi dalam hal ini kami akan bertindak selaku jaksa pengacara negara (JPN)," ujar Kajari Belitung Sekti Anggraini saat ditemui usai kegiatan.

Menurut Sekti, peranan JPN akan lebih menonjol saat penetapan hasil rekapitulasi perhitungan suara oleh KPU. Dimana terdapat salah satu paslon yang merasa tidak puas dengan keputusan tersebut.

Lalu, dalam hal ini JPN akan mendampingi KPU untuk beracara di Mahkamah Konstitusi menyelesaikan gugatan itu.

"Cuman dalam proses menuju ke titik akhir banyak proses yang harus dipahami, misalnya pengelolaan keuangan. Kami siap memberikan memberikan pelayanan itu," katanya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan menambahkan untuk mengantisipasi gugatan, pihaknya selalu menakankan transparansi setiap tahapan Pilkada.

Terutama terkait hasil rekapitulasi pemilihan untuk melengkapi hasil transparansi dalam bentuk C1 dan tabulasi sehingga hasil awal sudah diketahui.

"Harapan kami bantuan dan pendampingan hukum merupakan selimut bagi KPU dan mohon nanti kami diberikan bimbingan terhadap aturan hukum," ujar Soni.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved