Mau Nyoblos, Pemilih Harus Bawa C6 dan E-KTP atau Suket ke TPS

Ketika pemilih datang dia harus menunjukan E-KTP atau suket karena ini sudah berlaku. Pemilih yang tidak bisa menunjukan

Mau Nyoblos, Pemilih Harus Bawa C6 dan E-KTP atau Suket ke TPS
bangkapos.com/nurhayati
Pihak KPU Kabupaten Bangka saat menyerahkan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Pilkada Kabupaten Bangka Tahun 2018, Rabu (18/4/2018) di Ruang Meeting Novilla Boutique Resort Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Para pemilih saat pemungutan suara atau pencoblosan Pikada Bupati dan Wakil Bupati Bangka pada tanggal 27 Juni 2018 nanti selain membawa formulis C6, harus menunjukan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KTP atau surat keterangan (suket) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pesan ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Zulkarnain Alijudin yang meminta para pasangan calon atau tim kampanye Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tahun 2018 agar menyampaikan kepada para konstituen mereka.

Hal ini disampaikannya penetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka 2018, Rabu (28/4/2018) di Ruang Meeting Novilla Boutique Resort Sungailiat.

"Ketika pemilih datang dia harus menunjukan E-KTP atau suket karena ini sudah berlaku. Pemilih yang tidak bisa menunjukan suket tidak dapat dilayani dalam pemungutan suara. Itu aturan yang ada pada saat ini," jelas Zulkarnain.

Ia berharap penjelasan ini disampaikan kepada masyarakat. Untuk itu bagi warga yang belum miliki E-KTP atau suket segera diurus ke Kantor Dukcapil Kabupaten Bangka.

Diakui Zulkarnain kondisi ini bisa menjadi persoalan ketika masyarakat tidak bisa menunjukan E-KTP atau suket karena tidak bisa memilih.

"Masyarakat kita masih ada sekitar 700-an yang belum diakui, masyarakat ini ada tapi identitas kependudukannya yang belum jelas," kata Zulkarnain.

Untuk itu pihaknya akan menyampaikan ke dukcapil dan juga KPU RI dan kementerian dalam negeri agar ada solusi terbaik.

Sedangkan bagi pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT bisa memberikan hak suaranya dengan menunjukan E-KTP maupun suket tetapi baru bisa digunakan setelah jam 12.00 WIB.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help