Pernah Coba Es Cendol? Ini Cara Membuatnya

Siang hari saat matahari terik tentu nikmat ditemani minuman dingin yang menyegarkan

Pernah Coba Es Cendol? Ini Cara Membuatnya
Adelina Nurmalitasari
Cendol Ikan yang dibuat tim PKK dari desa Tanung Binga, Kecamatan Sijuk. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Siang hari saat matahari terik tentu nikmat ditemani minuman dingin yang menyegarkan. Cendol menjadi satu pilihan yang akrab di lidah pecinta kuliner lokal.

Siapa sangka, ternyata cendol bisa dibuat dari ikan.

Satu diantara peserta lomba masak serba ikan dari Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk membuat minuman dengan cendol berwarna hijau dan merah berbahan tak biasa tersebut.

Bahannya tepung beras, tepung hungkui, pandan, dan ikan giling. Sedangkan air cendolnya terbuat dari air, gula, dan santan.

"Ikannya bisa ucul, tenggiri atau ikan lainnya, yang penting digiling," ujar seorang anggota PKK Tanjung Binga, Rabu (18/4/2018).

Cara membuatnya cendol berbahan ikan pun cukup mudah dilakukan. Semua bahan cendol hanya perlu dicampur dan dimasak hingga mengental. Selanjutnya bahan dibentuk seperti cendol dan direndam dalam air dingin.

Ketika cendolnya diminum langsung, rasa ikannya tidak begitu terasa. Pun bau amis dari ikannya tidak tercium. Cita rasa ikannya akan terasa ketika cendol dikecap lidah, menimbulkan sensasi rasa yang unik.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help