Ini Binatang dan Momok Mematikan Bagi Burung Kicau

Meski burung berkicau bisa hidup hingga puluhan bahkan belasan tahun, namun ada beberpa penyebab yang membuat seketika burung

Ini Binatang dan Momok Mematikan Bagi Burung Kicau
Bangka Pos/M Nurdin
Burung Murai Batu 

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Meski burung berkicau bisa hidup hingga puluhan bahkan belasan tahun, namun ada beberpa penyebab yang membuat seketika burung berkicau mati.

Hal ini lah yang tak jarang menjadi momok menakutkan bagi para kicau mania. Terlebih bagi mereka yang memiliki burung dengan harga yang fantastis.

Agung Kicau mania asal Muntok Kabupaten Bangka Barat megatakan, pada umumya burung beerkicau bisa hidup sampai usia puluhan bahkan belasan tahun.

Khusunya jenis burung Kacer dan Murai Batu. Namun diakui Agung, burung berkicau seeketika akan mati jika memakan kupu-kupu kecil yang dinilai para kicau mania kulitnya mengandung racun.

Biasanya menurut Agung, kupu-kupu ini hinggap di lampu. Ia kemudian biasa menempel dan hingga di lidi-lidi sangkar burung.

" Kalau normal atau tidak kena penyakit bisa sampai belasan tahun. Tapi bisa seketika mati kalau makan kupu-kupu racun yang biasa di lampu-lampu itu. Dan ada beberapa kasus baik burung rumahan atau aduan yang mati setelah makan kupu-kupu itu. Biasanya mereka hinggap di sangkar lalu di makan burung itu," kata Agung kepada bangkapos.com, Kamis (18/3/2018)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help