Pendaftaran DPD baru Dibuka 22 April

KPU Propinsi Bangka Belitung telah mensoasialisasikan pendaftaran bakal calon dewan perwakilan daerah RI untuk pemilu 2019 mendatang

Pendaftaran DPD baru Dibuka 22 April
Kompas.com
DPD RI 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- KPU Propinsi Bangka Belitung telah mensoasialisasikan pendaftaran bakal calon dewan perwakilan daerah RI untuk pemilu 2019 mendatang.

Meski belum membuka pendaftaran, animo masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta pemilihan DPD RI sudah cukup banyak.

Komisioner KPU Propinsi Babel, Guid Chardi kepada harian ini, Kamis (19/4/2018) mengatakan pendaftaran baru akan dibuka pada 22 April sampai 26 April mendatang.

“Sudah ada yang tanya-tanya, konsultasi ke bagian helpdesk DPD. Tapi pendaftaran baru akan dibuka 22 sampai 26 april,” kata Guid Chardi.

Untuk menarik animo masyarakat menjadi peserta calon DPD RI lanjut Guid, KPU sudah mengundang masyarakat secara terbuka dengan sosialisasi.

Banyak yang datang tersebut salah satunya tinggi animo masyarakat untuk menjadi peserta DPD.

Untuk kebutuhan DPD RI, kata Guid berdasarkan dengan Undang-undang No. 7 tahun 2017 sebanyak 4 kursi. Sedangkan untuk perwakilan perempuan tidak diatur, hanya siapa saja diperbolehkan maju ke DPD RI asalkan sudah memenuhi persyaratannya.

“Yang memenuhi persyaratannnya boleh jadi peserta, nanti yang memilihnya masyarakat,” kata Guid.

Terkait dengan persyaratan lainnya, para calon peserta perseorangan DPD RI ini tetap sama dengan calon dari partai politik.

Para calon tetap wajib menyampaikan sumber dana kampanye dan juga penggunaan dana kampanyenya.

“Mereka juga peserta pemilu, perlakuannya sama. Harus melaporkan dana awal kampanye, penggunaan dana kampanya sampai dengan lapora akhir dana kampanye. Semuanya harus dilaporkan,” ujar Guid.(*)

Penulis: Hendra
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help