Jatah 8 Orang TPHD, Pemprov Babel Hanya Mampu Berangkatkan 6 Orang

Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memutuskan hanya akan memberangkatkan enam

Jatah 8 Orang TPHD, Pemprov Babel Hanya Mampu Berangkatkan 6 Orang
Bangka Pos/Dedi Qurniawan
Kepala Biro Kesra Provinsi Babel Asyraf‎ 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - ‎Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memutuskan hanya akan memberangkatkan enam orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Untuk diketahui Pemprov Babel mendapatkan jatah delapan TPHD dan masuk dalam 1.061 kuota haji Babel pada 2018.

Ini berarti ada dua kuota TPHD yang tak dipakai oleh Pemprov Babel. Keputusan ini diambil menyusul cekaknya anggaran untuk TPHD.

Kepala Biro Kesra Provinsi Babel Asyraf‎ merinci, enam TPHD Babel tersebut terdiri dari dua pembimbing ibadah, dua pelayanan kesehatan, dan dua dari bagian umum. Adapaun kuota dua TPHD lainnya direncanakan akan dijadikan untuk jamaah haji reguler.

"Jadi enam yang diambil. Ini menyesuaikan anggarannya. Dua sisanya bisa digunakan untuk jamaah reguler," kata Asyraf kepada Bangka Pos, Jumat (20/4/2018).

Menurut Asyraf, perbedaan anggaran yang disediakan Pemprov Babel dengan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk TPHD yang diputuskan pemerintah baru-baru ini cukup tinggi. BPIH TPHD diketahui ditetapkan sebesar Rp 61 juta per orang, sementara Pemprov Babel disebut menganggarkan sebesar Rp 50-an juta.

"Kami menyiapkan dana tidak sampai seperti itu (ketetapan BPIH). BPIH diputuskan baru pada April, ‎sementara anggaran kami sudah dilaksanakan. Kami menyesuaikan saja," tutur Asyraf.

Adapun hasil seleksi TPHD, kata‎ Asyraf, akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Kemarin sudah kami tetapkan‎. Sudah dilaporkan ke Pak Gubernur, nanti akan kami koordinasikan lagi dengan panitia yang ngetes. Mudah-mudahan clear," ucapnya. (*)

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help