Kisah Ketika Para Pilot Tempur Irak Bertaruh Nyawa Dikeroyok Pilot Tempur Koalisi AS

Pilot-pilot AU Irak pun tetap berusha memberikan perlawanan sengit menghadapi keroyokan dari pilot-pilot

Kisah Ketika Para Pilot Tempur Irak Bertaruh Nyawa Dikeroyok Pilot Tempur Koalisi AS
Intisari-online
Ilustrasi dogfight dalam Perang Teluk I 

BANGKAPOS.COM--Pada Perang Teluk I (1991) yang membuat pasukan Irakharus menghadapi keroyokan gempuran dari pasukan koalisi pimpinan AS sebenarnya tidak membuat pasukan Irak gentar.

Pasalnya mereka tetap memberikan perlawanan yang gigih meski harus bertaruh nyawa.

Pilot-pilot AU Irak pun tetap berusha memberikan perlawanan sengit menghadapi keroyokan dari pilot-pilot tempur koalisi yang umumnya menggunakan jet-jet tempur lebih cangih.

Salah satu pertarungan udara yang sengit terjadi pada pada 17 Januari 1991, ketika berlangsung dogfight antara dua jet tempur USAF, F-15 C melawan dua MiG-29 Irak.

Hasil dogfight itu berakibat pada rontoknya kedua MiG-19.

Dalam pertempuran malam hari di hari yang sama satu pesawat F-15C sukses merontokkan dua pesawat Mirage Irak menggunakan rudal AIM-7 Sparrow. 

Pilot yang berada di posisi wingman F-15 C yang baru saja merontokkan dua Mirage, juga berhasil merontokkan Mirage ketiga sehingga dalam dogfightyang berlangsung semalam, tiga Merage Irak, berhasil ditembak jatuh.

Di hari yang sama (17/1) dua F/A-18 Hornet yang bertolak dari kapal induk USS Saratoga yang sedang terbang di seputar kota Baghdad langsung disergap dua pesawat MiG-25 Irak dari 96th Squadron.

Dalam jarak tembak yang akurat secara visual, beyond visual range (BVR) salah satu pilot MiG-25, Letkol Zuhair Dawood, menembakkan rudal udara ke udara, R-40 kearah salah satu Hornet yang diterbangkan Scott Speicher.

Akibatnya, Hornet yang terhantam rudal segera meluncur ke darat seperti spiral dan menewaskan pilotnya.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved