Srimenanti dan Karya Makmur Dinilai Tim Provinsi

Kelurahan Srimenanti dan Desa Karya Makmur pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Bangka

Srimenanti dan Karya Makmur Dinilai Tim Provinsi
(ist/ humas dan protokol setda bangka)
Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Tedy Sudarsono memberikan sambutan saat penilaian Tim Penilaian Perlombaan Desa dan Kelurahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kelurahan Srimenanti dan Desa Karya Makmur pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Bangka, mendapat penilaian dari Tim Penilaian Perlombaan Desa dan Kelurahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tim penilai yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yuliswan tiba di  Kelurahan Srimenanti, Kamis (19/4/2018)  disambut dengan tari sambutan di Kantor Kelurahan Srimenanti.

Tim peniai yang melakukan penilaian berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang meliputi tiga bidang yaitu, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan, menjadi dasar digelarnya kegiatan lomba desa/ kelurahan yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan akhirnya ketingkat nasional.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Tedy Sudarsono mengatakan, sebagai syarat mutlak untuk mengikuti lomba desa dan kelurahan yakni harus memiliki profil desa/ kelurahan yang sesuai dengan Permendagri Nomor 12 tahun 2017 tentang penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan.

Untuk kabupaten Bangka telah menggunakan profil desa dan kelurahan yang sudah berbasis nline sesuai dengan website “www.prodeskel bina pemdes.go. id “

Dijelaskannya, tujuan digelarnya lomba desa/kelurahan tersebut yaitu guna menilai keberhasilan usaha - usaha masyarakat dan kinerja pemerintahan desa/kelurahan selama 2 tahun terakhir dalam upaya mengetahui efektifitas, tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa dan kelurahan dalam pembangunan.

Sedangkan untuk Kabupaten Bangka kegiatan ini telah dilaksanakan secara berjenjang sejak tanggal 6 - 19 Maret 2018 di 8 kecamata, kemudian pemenang lomba desa/ kelurahan tingkat kabupaten Bangka telah dietetapkan untuk tingkat desa yakni Desa Karya Makmur, kecamatan Pemali, untuk tingkat Kelurahan pemenangnya Kelurahan Srimenanti, Kecamatan Sungailiat.

"Dalam penilaian desa maupun kelurahan telah mempersiapkan segala sesuatu untuk dinilai oleh tim penilai tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, maka dengan ini kami selaku pemerintah daerah Kabupaten Bangka mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam rangka persiapan penilaian ini, baik dari desa, kelurahan, kecamatan maupun tingkat kabupaten," jelas Tedy Sudarsono melalui rilis yang dikirimkan Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka kepada bangkapos.con.

Diharapkannya tim penilai desa/kelurahan provinsi kepulauan Bangka Belitung dapat memberikan nilai terbaik untuk desa dan kelurahan kami ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yuliswan menjelaskan, setelah dilakukan penilaian untuk Kelurahan Srimenanti dan desa Karya Makmur dalam menentukan pemenang lomba desa ini tahapan penilaian selanjutkan, kelurahan dan desa untuk melakukan pemaparan di hadapan Gubernur kepualauan bangka Belitung.

Kesempatan itu tim penilaian menyaksikan tayangan tentang profil kelurahan Srimenanti. Setelah melakukan penilaian di Kelurahan Srimenanti, penilaian selanjutnya dilakukan di Desa Karya Makmur, Kecamatan Pemali.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved