Advertorial

Taman Kecil Hiasi Pekarangan Warga Tempilang

DESA Tempilang Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat memiliki terobosan yang unik untuk desanya

Taman Kecil Hiasi Pekarangan Warga Tempilang
Dok/Bapos
Dok/Bapos 

DESA Tempilang Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat memiliki terobosan yang unik untuk desanya, yaitu menanam buah markisa di setiap rumah warga.

Bentuknya seperti taman kecil di pekarangan rumah warga. Konsepnya seperti taman yang ditanami ane­ka tanaman.

Tujuannya agar pekara­ngan rumah warga menjadi lebih hijau dan asri serta memiliki nilai ekonomis. Selain itu agar terlihat rapi dan indah.

“Sebagai pemula kami mengawalinya dari rumah ibu-ibu PKK, barulah kemudian rumah-rumah warga. Konsepnya bertahap,” ungkap Kades Tempilang, Edy Purnomo.

Dia melanjutkan, selain markisa, nantinya rumah warga mendapatkan bibit jambu jamaika. Saat ini masih tahap pengembangan.

“Kami melihat nilai ekonomisnya, selain itu menghidupkan suasana pekarangan yang hijau,” paparnya.

Lebih jauh dia mengatakan BUMDes saat ini sudah terbentuk, rencana usaha yang akan dijalankan adalah bank sampah. Sistemnya kerjasama dengan memanfaatkan sampah-sampah dari masyarakat.

Sampah dari masyarakat ini nanti akan dibeli atau ditukar dengan sembako. Tujuannya membantu mengurangi sampah-sampah di masyarakat.

“Selain kebersihan desa terjaga, dari sampah ini bisa membantu warga dengan cara menukarkannya dengan kebutuhan rumah tangga,” terangnya.

Edy mengaku di desanya ada beberapa usaha dan kerajinan masyarakat se­perti beras aruk, anyaman lidi hingga aksesoris dari tali kur.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Noordin
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved