Harimau Bonita yang Meresahkan Warga Akhirnya Berhasil Dilumpuhkan

Tim gabungan BBKSDA Riau akhirnya berhasil menangkap dan mengevakuasi harimau sumatera bernama Bonita.

Harimau Bonita yang Meresahkan Warga Akhirnya Berhasil Dilumpuhkan
dok. KompasTV
Harimau Bonita diburu petugas sejak menerkam dua warga Kabupaten Indragiri Hilir Riau hingga tewas pada Januari dan Maret silam. Bonita pertama kali menerkam karyawati perusahaan sawit Jumiati pada 3 Januari 2018. 

BANGKAPOS.COM, PEKANBARU - Tim gabungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau akhirnya berhasil menangkap dan mengevakuasi harimau sumatera bernama Bonita, Jumat (20/4/2018).

Upaya penangkapan terhadap harimau Bonita yang telah menewaskan dua orang pekerja di Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, ini dilakukan selama sekitar empat bulan oleh tim gabungan. 

Kepala BBKSDA Riau Suharyono, ketika dikonfirmasi Kompas.com, membenarkan penangkapan harimau Bonita.

"Alhamdulillah, akhirnya Bonita kami tangkap dalam kondisi selamat," ucap Suharyono.

Dia mengatakan, penangkapan itu dilakukan bersama dengan petugas Polres Inhil, Koramil 06/Kateman Kodim 0314/Inhil, Yayasan Asari, WWF, PT THIP, dan PT Arara Abadi.

Setelah dilakukan penangkapan dan dimasukkan ke dalam box trap, kata Suharyono, Bonita langsung dibawa ke Tembilahan untuk dilakukan penyelamatan.

"Malam ini juga Bonita akan kami bawa ke pusat rehabilitasi harimau sumatera di Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), untuk dilakukan observasi. Kami juga sudah koordinasi dengan Dirjen KSDAE terkait keberhasilan ini," jelas Suharyono.

Berawal dari patroli

Sementara itu, Kapolres Inhil AKBP Christian Roni Putra mengatakan, Bonita ditangkap sekitar 06.00 WIB di perkebunan kelapa sawit PT THIP Desa Tanjung Simpang.

"Tertangkapnya (Bonita) di blok 76-77 areal perkebunan sawit," ujar Christian.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help