Hebat! Ternyata Indonesia Punya Pabrik Drone Pertama di Asia Tenggara

Indonesia memiliki pabrik pengembangan teknologi pesawat tanpa awak alias drone pertama di Asia Tenggara.

Hebat! Ternyata Indonesia Punya Pabrik Drone Pertama di Asia Tenggara
THINKSTOCK
Ilustrasi drone yang dilengkapi kamera untuk merekam atau mengambil gambar.(THINKSTOCK) 

BANGKAPOS.COM - Indonesia memiliki pabrik pengembangan teknologi pesawat tanpa awak alias drone pertama di Asia Tenggara.

Pabrik yang berada di Jalan Raya Sentul 23, Kadumangu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat itu, di bawah naungan PT Farmindo Inovasi Teknologi.

Pemilik perusahaan tersebut adalah pengusaha dalam negeri bernama Julius Agus Salim.

Sebagaimana dikutip dari siaran pers resmi TNI, Jumat (20/4/2018), Julius berpendapat, berdirinya pabrik drone pertama ini dilatari oleh produk drone di Indonesia yang didominasi produk luar negeri.

"Selama ini kita lebih banyak mengimpor drone dari China dan Eropa. Padahal kita bisa memproduksi sendiri. Ini yang memotivasi saya untuk membuat pabrik drone," ujar Julius.

Apalagi, pengembangan teknologi drone di Indonesia masih sesuatu yang langka. Dukungan teknologi dan edukasi pemanfaatan drone juga belum ada.

Hal ini yang menyebabkan konsumen drone dalam negeri yang semakin hari semakin meningkat , mau tidak mau menggunakan teknologi luar negeri.

Padahal, menurut Julius, Indonesia dengan sumber daya manusia dan ketersediaan bahan baku, dapat mengembangkan teknologi drone sendiri, bahkan memproduksinya dalam jumlah banyak.

"Bahan baku yang digunakan (untuk produksi drone di pabrik baru) ini 80 persen merupakan produksi dalam negeri," ujar Julius.

Ia menambahkan, pabrik yang didirikannya itu ramah lingkungan karena didukung teknologi standar yang telah terakreditasi, baik di level nasional atau internasional.

Halaman
123
Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help