Sepuluh Pedoman Gizi Seimbang Bagi Tubuh

Sepuluh pedoman gizi seimbang patut diterapkan agar tubuh senantiasa bugar dan sehat. Begitu pun yang dikatakan Kepala unit gizi RSBT

Sepuluh Pedoman Gizi Seimbang Bagi Tubuh
bangka pos/ira kurniati
Kepala unit gizi Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang, Pratika Sari saat memaparkan pedoman gizi seimbang kepada pengunjung di RSBT Pangkalpinang. 

Laporan wartawan Bangkapos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Sepuluh pedoman gizi seimbang patut diterapkan agar tubuh senantiasa bugar dan sehat. Begitu pun yang dikatakan Kepala unit gizi Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang, Pratika Sari.

Diantaranya yaitu, banyak mengonsumsi sayuran dan cukup buah-buahan. Normalnya makan sayur yakni tiga hingga empat mangkok sehari. Untuk buah dianjurkan sebanyak tiga hingga empat potong.

"Kalau dulu empat sehat lima sempurna, sekarang kita ganti menjadi gizi seimbang. Semakin kita makan makanan beragam yang sehat semakin bersubtitusi untuk tubuh," jelas Pratika dalam talkshow mengenai gizi di Lobi pendaftaran JKN-KIS RSBT Pangkalpinang, Sabtu (21/4/2018).

Kemudian ia menambahkan, biasakan mengonsumsi beraneka ragam makanan pokok. Tidak mesti nasi, bisa diganti dengan ubi-ubian, roti gandum, sereal ataupun oatmeal. Selain itu biasakan konsumsi lauk pauk yang beraneka ragam. Menu ikan bisa dipilih karena memiliki protein yang cukup tinggi dan rendah lemak.

"Konsumsi ikan bagus untuk tubuh. Namun juga harus diselingi, jangan melulu ikan. Karena tubuh juga butuh zat lain yg tidak terkandung pada ikan. Bisa konsumsi daging. Tapi yang bagian has," sebutnya.

Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak. Kemudian biasakan sarapan, karena dapat menunjang kegiatan dalam sehari Minum air putih yang cukup dengan berdasarkan pada berat badan.

Selanjutnya melakukan aktivitas fisik, seperti membereskan rumah dan juga rutin berolahraga. Yang terakhir yakni tetap mempertahankan berat badan ideal tersebut. Sebab untuk mengurangi penyakit metabolik.

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help