Kemendag Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Ramadan

Kementrian Perdagangan melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas harga pangan dan sembako jelang ramadan hingga idul Fitri nanti.

Kemendag Pastikan Harga Pangan Stabil Jelang Ramadan
Bangka Pos / Krisyanidayati
Staf ahli menteri bidang iklim usaha dan hubungan antar lembaga kementerian perdagangan, Suhanto 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kementrian Perdagangan melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas harga pangan dan sembako jelang ramadan hingga idul Fitri nanti.

Tak dapat dipungkiri, harga beberapa komoditas mengalami lonjakan harga pada hari-hari besar itu. Kementerian perdagangan melalui pejabat eselon I nya akan turun ke setiap daerah untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan.

"Lima tahun terkahir harga barang sangat stabil tidak terjadi gejolak yang tinggi. Pak menteri sudah instruksikan kita turun ke lapangan dan ada koordinatornya setiap wilayah untuk menjaga stabilitas harga dan stok," kata Staf ahli menteri bidang iklim usaha dan hubungan antar lembaga kementerian perdagangan, Suhanto, usai jalan sehat Harkornas, di Alun-alun Taman Merdeka, Minggu (22/4/2018).

Menurutnya, pihaknya menggandeng BUMN terkait seperti bulog dan jasa transportasi untuk memastikan rantai distribusi pangan tidak terkendala.

"Kami meyakinkan masyarakat jelang Ramadhan sampai idul Fitri tidak terjadi gejolak harga. Kita akan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan distributor di masing-masing daerah," sebutnya.

Menurutnya, dalam menjaga stabilitas harga, pihaknya juga sudah menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beberapa produk seperti, beras medium dan premium, gula, minyak goreng kemasan sederhana, dan daging sapi beku.

"HET salah satu bentuk stabilisasi harga, kita akan menggandeng seluruh distributor baik swasta untuk memastikan suplay aman,"ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved