Masih Grade B, Ikan Babel Banyak di Ekspor ke Malaysia

Ikan kita masih grade B, belum semua negara bisa ditembus seperti Uni Eropa, ada juga beberapa negara

Masih Grade B, Ikan Babel Banyak di Ekspor ke Malaysia
Bangka Pos / Krisyanidayati
Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Babel, M Darwin Syah P. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Darwin Syah P mengatakan saat ini ekspor ikan masih didominasi ke Malaysia dan Singapura.

Sedangkan negara lain yang menjadi tujuan ekspor ialah Thailand, Australia, Hongkong, Taiwan, dan China.

"Ikan kita masih grade B, belum semua negara bisa ditembus seperti Uni Eropa, ada juga beberapa negara yang memiliki persyaratan khusus seperti Vietnam dan Jepang, karena mereka harus tau dari hulu sampai hilir barang itu," katanya akhir pekan lalu.

Menurutnya, mutu ikan di Babel cukup baik ini terbukti dengan bisa menembus pasar vietnam yang tidak semua negara bisa melakukan ekspor.

Ia berharap kedepannya, negara tujuan ekspor dari Babel akan semakin bertambah. Pihaknya, hanya bisa mendorong itu, sedangkan yang dapat melakukan itu ialah para pelaku usaha untuk menambah pasar.

"Mutu dan kualitas kita bagus itu terbukti tidak ada gangguan masuk ke Vietnam, baru 1 perusahaan yang bisa masuk, kita berharap nanti bisa ekspor ke Jepang dan Thailand. Tapi bagaimana dihulunya cara penanganan ikan yang baik, karena ini menjamin kualitas ikan. Harus ada pembinaan ke nelayan dan pengumpul rantai dingin ini harus berjalan untuk meningkatkan kualitas," sebutnya.

Beberapa komoditi ikan yang kerap di eskpor ialah pari, ikan ekor kuning, cumi-cumi, manyung, senangin, rajungan, bawal hitam, udang, tenggiri, kerisi dan lainnya. Sedangkan untuk komoditas ekspor hidup masih didominasi oleh kerapu.

"Ikan asal Babel, kebanyakan ikan karang jadi tidak terlalu rentan dan riskan, tapi tetap harus diawasi," sebutnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved