Api Berkobar Ditengah Laut, Perahu La Ode Halidun Hangus Terbakar

Saat kejadian diduga penyebab kebakaran adalah mesin yang mati dalam kondisi tutup tangki terbuka dan minyak tersembur

Api Berkobar Ditengah Laut, Perahu La Ode Halidun Hangus Terbakar
Ist
Kondisi perahu kolek milik La Ode Halidun, dalam keadaan rusak setelah insiden kebakaran tengah laut, Senin (23/4/2018) lalu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Perahu jenis kolek dikemudikan La Ode Halidun (56), tiba-tiba terbakar di tengah laut.

Diduga penyebab kobaran api karena adanya percikan minyak dari mesin dalam kapal itu sendiri.

Beruntung La Ode Halidun selamat, berkat pertolongan nelayan yang kebetulan memancing ikan di sekitar perairan yang sama.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Ridwan kepada Bangka Pos Groups, Rabu (25/4/2018) memastikan, korban selamat setelah dibantu oleh rekan nelayan di perahu lainnya sekitar perairan yang sama.

"Kronologi kejadian berawal, Senin (23/4/2018), La Ode Halidun berangkat melaut jam 02.00 WIB. Sedangkan kejadian Senin (23/4/2018) jam 13.00 WIB  siang, di Perairan Karang Langkure, 28 mil dari Muara Airkantung Sungailiat Bangka," katanya.

Ketika itu,  Senin (23/4/2018) La Ode Halidun (56) beranjak dari rumah di Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat menuju tambatan perahu.

Halidun kemudian menghidupkan mesin dan langsung berangkat meninggalkan daratan.

Awal perjalanan tak ada hambatan. Namun ketika memasuki Perairan Karang Langkure, sekitar 28 Mill perjalanan, tiba-tiba api berkobar. 

"Kondisi kolek-kolek sedang berjalan dengan menggunakan satu mesin. Sedangkan mesin yang satunya lagi dalam kondisi mati. Saat kejadian diduga penyebab kebakaran adalah mesin yang mati dalam kondisi tutup tangki terbuka dan minyak tersembur keluar lalu percikan api dari mesin yang sedang menyala menyambar sehingga terjadilah kebakaran," kata Ridwan.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved