Masih Minim, Asyraf Akan Surati OPD Kota Pangkalpinang terkait Zakat ke Baznas‎ Pangkalpinang

Pengumpulan zakat dari para PNS di Kota Pangkalpinang kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang masih minim.

Masih Minim, Asyraf Akan Surati OPD Kota Pangkalpinang terkait Zakat ke Baznas‎ Pangkalpinang
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Pjs Wali Kota Pangkalpinang Asyraf Suryadin 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAP‎OS.COM, BANGKA- Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Pangkalpinang Asyraf Suryadin menilai pengumpulan zakat dari para PNS di Kota Pangkalpinang kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang masih minim.

Dia menyimpulkan hal tersebut setelah melihat laporan dari Baznas Pangkalpinang.‎

"Kami sudah lihat, di beberapa OPD itu pembayaran zakatnya memang masih minim," kata Asyraf kepada Bangkapos.com seusai menyerahkan secara simbolis santunan dari Baznas Kota Pangkalpinang kepada 258 penerima di Gedung Serba Guna, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pangkalpinang.‎

Asyraf mengatakan, ia akan menyurati Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pangkalpinang yang dinilai belum maksimal dalam berzakat ke Baznas Kota Pangkalpinang.

"Nanti akan kami surati OPD-OPD berdasarkan data yang diserahkan Baznas beberapa bulan lalu. Kami berharap tiap OPD dapat memaksimalkan pembayaran zakat pegawainya," ucap dia.

Plt. Ketua Baznas Kota Pangkalpinang RE Kamaloedin ‎mengatakan, pada 2017 lalu, Baznas Kota Pangkalpinang mengumpulkan Rp 1,3 Miliar zakat dari PNS Kota Pangkalpinang.

Tahun sebelumnya Baznas Pangkalpinang mengumpulkan Rp 1,8 M.

"Jumlah ini menurun. Dulu Rp 1,8 M. Menurun gara-gara PNS di SMA dialihkan ke provinsi. Hilangnya Rp 70 juta sebulan," katanya.

Meski demikian, jumlah zakat PNS ini diakui tetap belum optimal. Seharusnya, menurut Kamaloedin potensi zakat dari para PNS di Kota Pangkalpinang dapat mencapai Rp 3 miliar per tahun.

"Seharusnya kalau optimal, bisa lebih Rp 3 Miliar lebih. Ini setengahnya saja tidak sampai. Sangat menyedihkan sekali," kata Kamaloedin. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved