Bangka Expo 2018 Modal Dasar Tingkatkan Perekonomian Daerah

Bangka Expo ini menjadi modal dasar untuk meningkatkan daya saing dan memenangkan persaingan.

Bangka Expo 2018 Modal Dasar Tingkatkan Perekonomian Daerah
Bangkapos.com/Nurhayati
Bangka Expo 2018 di Stadion Bina Satria Sungailiat. 

SUNGAILIAT, BANGKA POS - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mendukung event Bangka Expo yang digagas Pemkab Bangka.

Hal ini dikatakan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Babel Budiman Ginting saat membuka Bangka Expo 2018, Kamis (26/4) di Stadion Bina Satria Sungailiat.

Kegiatan ini dinilai sejalan dengan Rencana Pemba­ngunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov Babel Tahun 2017 hingga 2022 dimana ada 13 program unggulan di antaranya pertanian dan pariwisata.

Hal ini selaras dengan tema Bangka Expo 2018 yakni budaya pertanian dan pariwisata dalam peningkatan perekonomian menuju Kabupaten Bangka yang layak dan mandiri.

“Pemerintah provinsi tentu mendukung kegiatan yang dilakukan Pemkab Bangka. Kami menyambut baik Belitung Expo, Bangka Expo dan Gebyar Sejiran Setason di Bangka Selatan. Kita berharap hampir semua kabupaten/kota memiliki expo seperti ini sehingga bisa dijadwalkan setiap tahun kegiatannya,” saran Budiman.

Bangka Expo 2018 di Stadion Bina Satria Sungailiat.
Bangka Expo 2018 di Stadion Bina Satria Sungailiat. (Bangkapos.com/Nurhayati)

Menurutnya RPJMD Provinsi mendorong kabupaten/kota untuk mengangkat potensi lokal agar menjadi program, bahkan mendorong untuk menjadi program nasional.

Apalagi lanjutnya Babel sudah memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Tanjung Kelayang Belitung yang sedang diba­ngun dan juga KEK di Pantai Timur Su­ngailiat di Kabupaten Bangka bersama KEK Tanjung Gunung di Bangka Tengah yang sedang dalam proses.

“Kegiatan ini tentu mempercepat pengembangan pariwisata di Kabupaten Bangka. Dengan pembangunan pariwiata pertumbuhan ekonomi dapat penyerapan tenaga kerja dan mempercepat pembangunan daerah,” jelas Budiman.

Bahkan saat ini menurutnya di bidang pertanian Pemprov Babel sedang me­ngangkat kembali kerajaan lada di masa lalu. Sekarang menurutnya melalui koperasi lada lewat resi gudang sudah diekspor lada langsung dari Bangka ke London.

Selain itu juga adanya ge­rakan membangun desa kelanjutan Program Satam Emas. Dimana Pemprov Babel akan membangun Berkah Mart kelanjutan untuk kebutuhan pokok masyarakat hingga ke desa-desa.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved