Mubazir, Pabrik Es Sungaiselan Lama Tak beroperasi

Rumput liar hidup subur di sekeliling pabrik, tak ada tanda-tanda mesin pabrik yang beroperasi, Jumat (26/4/2018).

Mubazir, Pabrik Es Sungaiselan Lama Tak beroperasi
Adinda Rizki Amanda
Keadaan pabrik es di jalan PPI Sungaiselan 

Laporan Wartawan Bangka Pos Adinda Rizki Amanda

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Rumput liar hidup subur di sekeliling pabrik, tak ada tanda-tanda mesin pabrik yang beroperasi, Jumat (26/4/2018).

Hanya sampah plastik dan botol minumlah yang terlihat di sekitar pabrik. Bangunan dengan cat yang mulai luntur serta coret coretan pada dinding menjadi saksi bisu bahwa pabrik es sudah lama tak beroperasi

Pabrik Es yang berada di PPI di Sungaiselan sudah lama tidak digunakan. Beem (43) penjaga pabrik es di jalan PPI Sungaiselan mengungkapkan hal ini sudah tidak berjalan sejak lama.

"Dari tahun 200an pernah dilakukan uji coba namun hasil batu esnya kecil dan tidak sesuai, hingga saat itulah pabrik es tak pernah lagi beroperasi" ungkapnya kepada Bangka Pos Group.

Ia juga menjelaskan batu es yang kecil akan membuat banyak nelayan kesusahan karena akan cepat mencair jika dibawa ke laut namun jika es batu yang dihasilkan besar maka bisa bertahan hingga 5 hari lamanya.

Hingga saat ini kondisi pabrik es sudah sangat memprihatinkan, lampu-lampu pabrik pecah dan mesin-mesin sudah tak utuh lagi.

Selama ini para nelayan di Sungaiselan membeli es dari Pangkalpinang untuk dibawa melaut karena ukuran es yang dihasilkan terbilang cukup besar.

Kendati demikian menurut Beem penjaga pabrik es mengatakan bahwa nelayan-nelayan pernah melapor ke pemerintah daerah namun masih belum bisa ditindak lanjuti.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved