Pemprov Siapkan Puluhan Miliar Untuk Atasi Banjir

Bencana banjir di beberapa titik kecamatan sejak dua tahun terakhir nampaknya sudah akrab dengan masyarakat Bangka Belitung

Pemprov Siapkan Puluhan Miliar Untuk Atasi Banjir
dok/bapos
Fery Insani 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bencana banjir di beberapa titik kecamatan sejak dua tahun terakhir nampaknya sudah akrab dengan masyarakat Bangka Belitung, pasalnya beberapa daerah langganan banjir selalu tergenang saat hujan mengguyur dengan intensitas sedang-lebat.

Kepala Bappeda Babel, Ferry Insani menyebutkan pihaknya sudah menyiapkan beberapa upaya penanganan banjir yang dilaksanakan oleh provinsi maupun yang disinkronisasikan dengan kabupaten/kota terkait.

"Banjir di kita ini cepat surut, ini karena intensitas hujan yang tinggi dan juga genangan air," katanya, Jum'at (27/4/2018).

Ia menyebutkan, pihaknya akan melakukan normalisasi sungai untuk mengurangi banjir yang terjadi di Pangkalpinang, Bangka Barat dan Bangka Tengah.

"Kita melakukan beberapa upaya, misalnya kebijakan kita memberikan bantuan keuangan kepada Pangkalpinang untuk menangani banjir dan mereka juga dapat dana pusat, untuk normalisasi saluran," katanya.

Ia menilai normalisasi sungai merupakan hal yang penting, selain itu juga menghentikan penebangan hutan di hulu, dan tambang ilegal.

"Pemerintah sangat serius menangani banjir. Untuk menangani banjir anggaran bantuan keuangan provinsi hampir Rp 25 miliar untuk banjir untuk kota, kalau untuk Kabupaten ain memang tidak besar, seperti Bangka itu memang tidak ada, Bangka Tengah juga tidak, banjir itu Bangka Barat dan Pangkalpinang," sebutnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved