Mengantuk Sesudah Makan, Ini Penyebabnya

Perut kenyang dan kemudian muncul rasa kantuk. Hal ini sering dialami orang sesudah makan. Dijelaskan oleh kepala instalasi gizi RSBT

Mengantuk Sesudah Makan, Ini Penyebabnya
bangka pos/ira kurniati
Kepala instalasi gizi Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang, Pratika Sari 

Laporan wartawan Bangkapos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Perut kenyang dan kemudian muncul rasa kantuk. Hal ini sering dialami orang sesudah makan. Dijelaskan oleh kepala instalasi gizi Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang, Pratika Sari yang mengatakan bahwa hal tersebut dipengaruhi karena seseorang makan dalam porsi yang berlebihan.

Baca: Waduh! di Video Ini Syahrini Bilang Nggak Puas Sama Ariel Noah, Kok Bisa?

"Orang yang ngantuk setelah makan itu artinya kelebihan makan. Tiap orang porsi makannya beda. Bisa jadi dia hanya makan seporsi nasi dan lauk. Tapi bagi tubuhnya merespon itu terlalu berlebihan," tutur Pratika, Sabtu (28/4/2018).

Ia mengatakan, hal tersebut dipengaruhi karena kelebihan asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Hingga akhirnya tubuh tidak fokus mencerna makanan.

Energi yang ada pada tubuh dipergunakan untuk mencerna makanan saja, sehingga pada otak menjadi kurang nutrisi. Menyebabkan sinyal ke otak lamban merespon dan membuat rasa kantuk.

"Kelebihan glukosa jadinya tubuh sibuk mencerna makanan, sinyal ke otak kurang, sehingga otak jadi kurang nutrisi dan menyebabkan kantuk," ujarnya.

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help