Rayakan Hari Kartini, IIKRSMS Adakan Seminar Kesehatan, Lomba Senam dan Bazar

Ikatan Istri Karyawan Rumah Sakit Medika Stannia (IIKRSMS) melaksanakan peringatan Hari Kartini dengan mengadakan seminar kesehatan

Rayakan Hari Kartini, IIKRSMS Adakan Seminar Kesehatan, Lomba Senam dan Bazar
Bangka Pos/Edwardi
Ikatan Istri Karyawan Rumah Sakit Medika Stannia (IIKRSMS) melaksanakan peringatan Hari Kartini dengan mengadakan seminar kesehatan, lomba senam aerobic dan zumba, serta bazaar di Hotel ST 12 Sungailiat, Sabtu (28/04/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPIS.COM, BANGKA -- Ikatan Istri Karyawan Rumah Sakit Medika Stannia (IIKRSMS) melaksanakan peringatan Hari Kartini dengan mengadakan seminar kesehatan, lomba senam aerobic dan zumba, serta bazar di Hotel ST 12 Sungailiat, Sabtu (28/04/2018).

Dr Nazif SpOG, panitia acara mengatakan untuk seminar kesehatan mengenai kecantikan wanita,ada dua tema yakni mengenai pencegahan penyakit kanker payudara yang dibawakan Dr Yuliandi Azhadi SpB dan kanker rahim (serviks) dibawakan Dr Nazif SpOG.

"Sebagaimana kita ketahui apa artinya bila seorang wanita tanpa payudara dan rahim. Kedua organ ini bila terkena kanker merupakan salah satu pembunuh terbesar di Indonesia," kata Nazif.

Dijelaskannya yang akan diberitahukan mengenai apa itu penyakit kanker payudara dan serviks , apa penyebab dan faktor-faktor resiko yang semakin memperberat timbulnya penyakit itu, bagaimana cara mendeteksi penyakit itu sedini mungkin.

"Kalau di kanker payudara cara deteksi dengan sadari (periksa payudara sendiri) dan sadanis (periksa payudara dengan tenaga medis), sedangkan kanker serviks dengan pemeriksaan  IVA atau pap smears untuk deteksi diminta, " jelas Nazif.

Ditambahkannya untuk pencegahan pada kanker serviks bisa dilakukan vaksinasi.

"Kita berharap dengan kegiatan ini para wanita sekarang bisa lebih peduli dengan pencegahan penyakit ini sedini mungkin, bila perlu sejak anak-anak," imbuhnya.

Dilanjutkannya, kapan sebaiknya mulai melakukan pemeriksaan kanker atau tumor payudara, yakni  sejak si anak mulai menstruasi atau tumbuh payudaranya. Sedangkan untuk kanker serviks dimulai sejak usia 9-10 tahun, jadi tidak lagi menunggu setelah ia menikah, melahirkan atau usia di atas 20 tahun. Sekarang ini vaksinasi kanker serviks bisa dilakukan di usia dini 9-10 tahun, supaya respon imunnya ada terhadap penyakit ini.

"Mudah-mudahan setelah mengikuti seminar ini para wanita bisa lebih aware atau peduli. Kita juga membuka diskusi dengan peserta seminar tentang apapun penyakit yang bisa diidap kaum wanita," tukasnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Widya Khaerul Saleh mengatakan acara seminar kesehatan ini mengambil tema Semangat Kartini cantik dan sehat wanita jaman now dengan deteksi dini kanker serviks dan kanker mamae.

"Acara ini dilaksanakan Ikatan Istri Karyawan RS Medika Stannia dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Ulang Tahun RS Medika Stannia yang ke-13," katanya.

Ditambahkannya pihaknya ingin mengkampanyekan pola hidup sehat dengan rajin melakukan olahraga dan deteksi kesehatan rutin untuk mencegah berbagai penyakit.

Penulis: edwardi
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved