Sebentar Lagi Ramadan, Begini Cara Supaya Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

Puasa ramadhan yang akan dijalani kaum muslim berkisar dua pekan lagi. Selama puasa tentunya tubuh tidak menyerap makanan

Sebentar Lagi Ramadan, Begini Cara Supaya Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa
bangka pos/ira kurniati
Kepala instalasi gizi Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang, Pratika Sari 

Laporan wartawan Bangkapos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Puasa ramadhan yang akan dijalani kaum muslim berkisar dua pekan lagi. Selama puasa tentunya tubuh tidak menyerap makanan ataupun minum selama kurang lebih 12 jam.

Agar tubuh tetap bugar selama menjalani puasa, Kepala instalasi gizi Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Pangkalpinang, Pratika Sari mengatakan untuk tetap menerapkan pola hidup yang mengarah pada gizi seimbang.

Diantaranya yakni banyak konsumsi buah dan sayuran. Kemudian minum air putih yang sesuai dengan berat badan, per berat badan yakni 40 ml atau secara umum yaitu dua liter.

Sebab saat puasa tubuh akan kekurangan cairan lantaran tidak minum dalam waktu yang cukup lama, oleh karena itu upayakan meminum air putih yang cukup saat sahur, berbuka puasa dan seusai tarawih.

"Gunakan pola gizi seimbang agar tubuh selalu bugar walaupun saat beraktivitas ketika puasa," kata Pratika, Sabtu (28/4/2018).

Kemudian ia menambahkan, tetap konsumsi beraneka ragam makanan pokok ketika sahur dan berbuka puasa. Juga memilih lauk pauk yang beragam, dengan tinggi protein dan rendah lemak.

"Batasi konsumsi asin, manis dan berlemak juga. Biasanya setelah puasa seharian, berbukanya langsung balas dendam. Ini itu dimakan habis. Tentunya tidak bagus untuk kesehatan tubuh," tambahnya.

Menurutnya saat puasa juga diperbolehkan berolahraga, namun dalam batasan olahraga ringan dan tidak terlalu memporsir tubuh. Juga bisa melakikan aktivitas fisik lain, seperti membereskan rumah atau berjalan kaki dalam lingkup yang kecil.

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help