Video

Kerkhof, Makam Belanda di Tengah Kota yang Lebih Terawat Sejak Dua Tahun Terakhir

Sudah dua tahun terakhir, pemakaman zaman Belanda, Kerkhof, di Jalan Sekolah, Kelurahan Melintang, Pangkalpinang tampak lebih terawat

BANGKAPOS.COM, BANGKA--- Sudah dua tahun terakhir, pemakaman zaman Belanda, Kerkhof, di Jalan Sekolah, Kelurahan Melintang, Pangkalpinang tampak lebih terawat. Jalan setapak berlapis conblock membelah area pemakaman yang banyak ditumbuhi rumput hijau terawat.

Di dalam kompleks makam sekitar dua kali lapangan futsal tersebut, terdapat sekitar 100 makam Belanda dan Jepang dengan berbagai rupa dan kondisi.

Menurut Sejarahwan Pangkalpinang Akhmad Elvian, Kerkhof yang berarti makam tersebut sebenarnya adalah tempat pemakaman umum.

Terdapat sekitar 100 makam, terdiri atas makam orang Belanda, makam orang Jepang dan makam orang Indonesia.

Di antara beberapa makam orang Belanda terdapat makam Irene Mathilde Ehrencron. Dia adalah istri dari H.H.M.R. Scipio Blume yang lahir 28 Januari 1883 dan wafat 10 Maret 1928. H.H.M.R. Scipio Blume adalah seorang Notaris pada masa pemerintahan Residen Fraser, JJ. (masa pemerintahan tahun 1923-1925 Masehi).

Di depan notaris H.H.M.R. Scipio Blume inilah dibentuk NV. MEBY (Maatschappij tot Exploitatie van Bioscopen en Ys fabrieken).
NV. MEBY ini yang membangun dan mengusahakan beberapa bioskop di Pangkalpinang seperti bioskop Surya (Aurora) tahun 1920 Masehi, bioskop Garuda tahun 1919 Masehi dan bioskop banteng (Hebe) tahun 1917 Masehi, pabrik es NV. MEBY di Kacang Pedang dan Restoran Kutub Utara (noordpool) yang terletak antara Bioskop Surya dengan Pasar Mambo hingga beberapa bioskop lainnya di pulau Bangka (diantaranya di Kota Muntok, Belinyu dan Toboali).

Hal menarik lainnya adalah Belanda dimakamkannya sepuluh orang Jepang.

Dari sepuluh makam tersebut delapan makam masih bisa dibaca dengan jelas tulisannya, dua lainnya belum dan tidak dapat dibaca.

Ingin tahu lebih tentang sejarah pemakaman kuno di Bangka Belitung, jangan lupa baca edisi, Bangka Pos, Senin (30/4/2018). (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved