Robot Buatan Ridho Almareanta Putra Daerah Ini Sabet Penghargaan Internasional

Ridho Almareanta jadi putra daerah yang mampu menyabet penghargaan Gold Award dan Special Award melalui robot yang dibuatnya.

Robot Buatan Ridho Almareanta Putra Daerah Ini Sabet Penghargaan Internasional
ist
Ridho Almareanta yang memenangkan Gold Award dan Special Award dengan robot buatannya 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Ridho Almareanta jadi putra daerah yang mampu menyabet penghargaan Gold Award dan Special Award melalui robot yang dibuatnya.

Ia yang kini menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro, bersama 5 orang temannya menerima penghargaan di ajang International Enginering Invention & Innovation Exhibition (i-ENVEX 2018) di Perlis, Malaysia.

Terinspirasi dari bencana longsor yang banyak terjadi di Indonesia, pemuda alumni SMA Negeri 1 Tanjungpandan ini memutuskan membuat robot berkaki 4 yang mirip laba-laba.

Dilengkapi sensor inframerah dan CO2, disampaikan Ridho robot tersebut bisa digunakan mencari korban yang tertimbun tanah longsor.

"Kalau bencana longsor kan Tim Sar turun ke lapangan mencari korban. Itu kan bahaya bagi Tim Sar, jadi kami buatlah robot itu," jelasnya.

Namun jalan Ridho mengikuti kompetisi itu tak berjalan mulus.

Ia menceritakan bahwa robot yang dibuat sempat dibongkar lagi karena tidak bisa berdiri sehingga proses pembuatan memakan waktu sekitar 3 bulan.

Selain itu, ia juga sempat kesulitan mendaftarkan paten.

"Kesulitan didana, susah dapat sponsor, tapi untungnya dapat dari UNDIP sebagian, selebihnya dana sendiri," katanya.

Pemuda yang tinggal di Pilang tersebut berharap kedepannya akan banyak Putra Putri Belitung berani untuk tampil dan berinovasi.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help