Nisfu Sya'ban, Ustaz Abdul Somad: Allah Ampuni Semua Dosa, Kecuali Dua Orang Ini

Ustaz Abdul Somad memberikan ceramah terkait malam Nifsyu Sya'ban dan memberikan peringatan kepada 2 orang.

Nisfu Sya'ban, Ustaz Abdul Somad: Allah Ampuni Semua Dosa, Kecuali Dua Orang Ini
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Puluhan ribu orang jemaah menghadiri Safari Dakwah Ustaz Abdul Somad di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (30/3/2018). Ustaz yang berasal dari Riau yang terkenal karena banyak video ceramahnya diunggah di youtube dan menjadi viral itu, mengisi ceramah di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat bertema "Penyesalan Setelah Mati". Kegiatan tersebut dalam rangka Safari Dakwah di wilayah Bandung dari 30 Maret - 1 April 2018. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

BANGKAPOS.COM - Ustaz Abdul Somad memberikan ceramah terkait malam Nifsyu Sya'ban dan memberikan peringatan kepada 2 orang.

Dilansir TribunWow.com, melalui akun Youtuebe Tafaqquh video yang diunggah pada 13 April 2018.

Diketahui, bulan Sya'ban adalah bulan keberkahan, karena bulan ini adalah bulan diangkatnya amalan manusia oleh Allah SWT.

Sehingga, Ustaz Abdul Somad menganjurkan elaksanakan berbagai amalan seperti puasa, shalat sunat, membaca Alquran, berzikir dan amalan-amalan lainnya.

Ustaz Abdul Somad dalam satu ceramahnya menjelaskan keutamaan bulan Sya’ban, bulan di dalamnya terdapat satu malam yang pada malam itu Allah akan mengampuni dosa semua umatnya, yaitu malam nisfu Sya`ban.

Tahun 1439 Hijriah ini, malam pertengahan bulan Sya’ban atau Nisfu Sya’ban (15 Sya’ban) jatuh pada Senin (30/4/2018) malam atau malam Selasa.

Setelah itu, Ustaz Abdul Somad menjelaskan tentang puasa.

Ustaz Abdul Somad memaparkan dengan mencontohkan kebiasaan Rosulullah.

Menurutnya, saking seringnya Rasulullah berpuasa pada bulan Sya’ban, Aisya tak bisa lagi membedakan apakah Rasulullah berpuasa pada hari itu atau tidak.

“Saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa dalam satu bulan, kecuali bulan Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat Nabi lebih banyak puasa dari Ramadhan selain di bulan Sya'ban,” kata Ustaz Abdul Somad menerjemahkan hadis yang dibacanya.

Berdasarkan dua hadis tersebut, Ustaz Abdul Somad mengatakan bahwa puasa merupakan salah satu amalan yang paling sering dilakukan oleh Rasulullah SAW selama bulan Sya’ban.

Selain berpuasa, amal lain yang bisa dilakukan adalah membaca Alquran, berzikir, serta amal harta seperti sedekah dan wakaf.

Dari 30 malam untuk beramal di bulan Sya’ban, ada malam yang mendapat kekhususan, yaitu malam Nisfu Sya’ban.

Lalu Ustaz Abdul Somad membacakan hadis hasan shahih yang menjelaskan bahwa Allah akan mengampuni dosa sleuruh umat, namun ada 2 orang yang tidak diampuni, yaitu orang yang tidak berdamai dan orang musyrik.

"Pada malam nisfu Sya’ban, Allah akan mengampuni semua dosa umatnya yang pada malam itu bersujud dan bertobat mohon ampun, kecuali dua, musyrik (mempersekutukan Allah) dan orang yang bertengkar tapi tidak berdamai sampai malam nisfu Sya’ban tiba.”

Simak selengkapnya di video berikut. (TribunWow.com/Woro Seto)

Editor: Evan
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help