Terkendala Faktor Ini, RSUD Pangkalpinang Harus Rujuk Pasien

Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah Pangkalpinang per januari hingga maret 2018 mencatat sudah enam pasien yang dirujuk

Terkendala Faktor Ini, RSUD Pangkalpinang Harus Rujuk Pasien
bangka pos/ira kurniati
Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang, Yusuf Ali 

Laporan wartawan Bangkapos, Ira Kurniati

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang per januari hingga maret 2018 mencatat sudah enam pasien yang dirujuk ke rumah sakit lain. Baik itu RS mitra di wilayah Bangka belitung maupun yang berada diluar, seperti Jakarta ataupun Palembang.

Pasien yang dirujuk dengan berbagai penyakit seperti pencangkokan ginjal, bedah syaraf, maupun komplikasi lain yanh belum bisa ditangani pihak RSUD Depati Hamzah. Menurut Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Pangkalpinang, Yusuf Ali menyebutkan rujukan pasien ke rumah sakit lain disebabkan minimnya fasilitas yang menangani penyakit tertentu maupun kekurangan dokter spesialis, khususnya bedah syaraf.

"Rujukan itu karena kurangnya fasilitas yang menangani penyakit itu. Ada juga yg dokter spesialisnya tidak ada. Tapi ada keluarga pasien itu sendiri yang meminta rujukan ke rumah sakit lain diluar, misalnya di palembang karena peralatannya lebih efisien" tukas Yusuf, Senin (30/4/2018).

Berdasarkan data rekam medis RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, jumlah pasien yang dirujuk selama tahun 2016 tercatat sebanyak 69 orang. Kemudian ditahun 2017, menurun menjadi 56 orang pasien yang dirujuk ke rumah sakit lain.

Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved