10 Persen Total Penduduk Dunia Adalah Orang Kidal, Ini 15 Fakta Menarik Mereka

Sepuluh persen dari total penduduk dunia adalah orang kidal. Sebagai kaum minoritas dalam dunia mainstream, mereka harus hidup

10 Persen Total Penduduk Dunia Adalah Orang Kidal, Ini 15 Fakta Menarik Mereka
OFFICIAL WHITE HOUSE PHOTO/PETE SOUZA
Di Montana, AS, Obama menghabiskan waktu dengan memancing di sungai 

BANGKAPOS.COM - Sepuluh persen dari total penduduk dunia adalah orang kidal. Sebagai kaum minoritas dalam dunia mainstream, mereka harus hidup menyesuaikan diri.

Pasalnya kebanyakan gadget, alat tulis kantor, perlengkapan memasak, dan berbagai benda lainnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang bertangan kanan.

Otak dan tubuh orang kidal beroperasi secara berbeda daripada orang tangan kanan (dan pada orang ambidextrous, yang kedua tangannya merupakan tangan dominan untuk tugas yang berbeda).

“Kidal atau tidak, tampaknya ditentukan dalam tahap sangat awal dalam perkembangan janin, ketika banyak hal-hal lain tentang masa depan kita sedang ditentukan juga,” kata Ronald Yeo, PhD., profesor psikologi di University of Texas, Amerika Serikat.

Berikut adalah 15 fakta aneh tapi menarik yang belum banyak diketahui tentang orang-orang kidal:

1. Orang-orang kidal yang terkenal sepanjang sejarah termasuk Napoleon Bonaparte, Pangeran William, Bill Gates, Oprah Winfrey, Barack Obama, Bill Clinton, Robert de Niro, Keanu Reeves, Angelina Jolie, Tom Cruise, Justin bieber, dan Jimi Hendrix.

2. Hari Orang Kidal Sedunia dirayakan setiap 13 Agustus sejak tahun 1996.

3. Mengikuti dominasi tangan, orang kidal cenderung biasa mengunyah makanan di sebelah kiri, sedangkan orang-orang bertangan kanan akan mengunyah di sebelah kanan.

4. Orang-orang kidal rata-rata umurnya lebih pendek tiga tahun daripada yang bertangan kanan.

Lebih dari 2.500 orang kidal terbunuh setiap tahun akibat menggunakan peralatan sehari-hari yang dimaksudkan untuk orang yang dominan tangan kanan.

Halaman
123
Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved