Dokter Dewi Ungkap Indonesia Darurat HIV/AIDS Karena Alasan Ini

Belum lagi berbagai komunitas publik yang terbentuk. Hubungan laki-laki antar laki-laki, perempuan dengan

Dokter Dewi Ungkap Indonesia Darurat HIV/AIDS Karena Alasan Ini
Ist
dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dewi Inong Irana, SpKK, FINSDV, FAADV 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Penyebaran penyakit infeksi menular seksual (IMS) salah satunya HIV/AIDS di Indonesia sudah sangat memprihatinkan dan mengkhawatirkan. 

Jumlah penderitanya dari data Kemenkes sudah mencapai 0,5 persen dari jumlah penduduk indonesia.

Dari tahun 2011 sampai 2017 penderita penyakit mengerikan ini juga naik mencapai 250 persen dan membuat kondisi Indonesia sudah darurat HIV/AIDS.

Hal ini disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dewi Inong Irana, SpKK, FINSDV, FAADV yang juga aktivis dan relawan profesional dalam mengentaskan penyakit IMS saat melakukan dengar pendapat dengan Komisi IV DPRD Bangka Belitung, Rabu (2/5/2018).

Dia menjelaskan meningkatnya penyakit HIV/AIDS ini ada beberapa faktor.

Tapi faktor utamanya disebabkan karena pergaulan bebas dan melakukan hubungan seks yang tidak aman. 

“Cara mencegahnya mulai sekarang harus bergaul sehat, artinya jangan seks bebas. Di luar negeripun sudah mulai bergaul sehat. Di Indonesia, adanya internet anak-anak banyak yang melihat informasinya, tapi informasi yang mereka terima tidak lengkah atau bahkan salah. Akibatnya mereka melakukan pergaulan bebas diusia dini hingga akhirnya terkena HIV,” kata Dewi.

Belum lagi berbagai komunitas publik yang terbentuk. Hubungan laki-laki antar laki-laki, perempuan dengan perempuan atau yang dikenal dengan LGBT juga menjadi penyumbang terbesar meningkatnya HIV/AIDS di Indonesia.

“Makanya sekarang banyak sekali pergaulan yang salah, lelaki melakukan hubungan dengan lelaki atau LSL, mulainya hanya iseng lalu kecanduan dan merasa aman. Padahal perilaku ini sangat rentan dan cepat terkena HIV/AIDS. Dan semoga di Babel ini tidak ada yang seperti ini,” ujar Dewi.(*)

Penulis: Hendra
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help