Gunakan Handphone Sambil Berkendara Terancam Hukuman Tiga Bulan Penjara

Yang dilarang adalah menggunakan handphone, termasuk aplikasi GPS didalamnya. Apabila ada yang melanggar

Gunakan Handphone Sambil Berkendara Terancam Hukuman Tiga Bulan Penjara
Bangkapos/Yudha Palistian
Kasat Lantas Polres Pangkalpinang, AKP Heriyanto 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA – “Yang dilarang adalah menggunakan handphone, termasuk aplikasi GPS didalamnya. Apabila ada yang melanggar maka akan terkena pasal 283 Undang-undang Lalu lintas dengan hukuman paling lama 3 bulan penjara atau denda paling banyak Rp 750.000,” ucap Kasat Lantas Polres Pangkalpinang, AKP Heriyanto.

GPS juga sudah dilengkapi perintah suara yang selalu aktif sehingga pengemudi bisa mengetahui arah tanpa harus melihat kelayar monitor.

Penggunaan alat penunjuk arah yakni Global Positoning System (GPS) tidak diperbolehkan di dasbor motor dan area dekat pengemudi karena mengganggu konsentrasi berkendara.

"GPS diperbolehkan asalkan tidak berbasis aplikasi yang ada di dalam telepon seluler. Ukuran layar handphone pada umumnya yang kecil sehingga kurang bisa dilihat oleh pengemudi saat berkendara, " tambahnya.

Hal ini sesuai dengan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2009 tentang lalu lintas yang menyatakan setiap orang harus mengemudikan kendaraan dalam keadaan wajar dan penuh konsentrasi. (*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved