Advertorial

Kunjungi Destinasi Wisata di Kabupaten Basel yang Menawan

Toboali merupakan kota sekaligus Ibukota Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Seiring berjalannya waktu, terus tumbuh dan berkembang

Kunjungi Destinasi Wisata di Kabupaten Basel yang Menawan
ISt
Agenda Event Pariwisata di Kabupaten Bangka Selatan 

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Toboali merupakan kota sekaligus Ibukota Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Seiring berjalannya waktu, Toboali terus tumbuh dan menjadi kota berkembang.

Secara umum masyarakat Toboali, sudah terbuka dengan kemajuan dan mengikuti arus perubahan global ditopang, sarana transportasi dan telekomunikasi yang mempuni.

Terus berkembangnya kota Toboali, tak terlepas dari, potensi, wisata, kebudayaan dan sejarah yang ditinggalkan. Kota Toboali terletak di bagian selatan pulau Bangka, dan berjarak kurang lebih 125 kilometer dari kota Pangkalpinang Ibukota Provinsi Bangka Belitung.

Kabupaten Bangka Selatan, di bentuk 25 Februari 2003 silam berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2003. Kabupaten Bangka Selatan punya 8 kecamatan. Salah satunya Kecamatan Toboali.

Tempat Wisata di Toboali yang Indah
Tempat Wisata di Toboali yang Indah (Ist)

Sementara tujuh kecamatan lainnya yakni, Payung, Simpang Rimba, Air Gegas, Lepar Pongok, Tukak Sadai, Pulau Besar, dan Kepulauan Pongok

Sebagai ibukota Kabupaten Bangka Selatan, Toboali terpilih menjadi tempat perhelatan sejumlah event-event besar. Salah satunya Toboali City On Fire (TCOF) season III yang puncak acaranya dan dipusatkan di pantai Nek Aji, Toboali, 27-29 Juli 2018 mendatang.

Namun tak hanya di Toboali. Sejumlah rangkaian kegiatan TCOF lain, juga diselenggarakan di Kecamatan -Kecamatan lainnya. Sebab tujuannya tak lain mengangkat dan mempromosikan potensi wisata yang ada idi Bangka Selatan.

" Sebagai ibukota Kabupaten Toboali menjadi sering menjadi tempat perhelatan event-event besar, seperti salah satunya Toboali City On Fire 27-29 Juli mendatang. Tapi bukan berarti kecamatan lain tidak ada penyelenggaran event-event semacam TCOF ini," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKPO) Kabupeten Bangka Selatan, Haris Setiawan, Rabu (2/5/2018).

Keindahan terumbu Karang di Pantai yang ada di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan
Keindahan terumbu Karang di Pantai yang ada di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (IST)

Lebih lanjut dikatakan Haris Selain,event TCOF ini juga sebagai upaya pemerintah mempromosikan wisata sejarah di kota Toboali. Selain kerap menjadi tempat penyelenggaraan event besar, Toboali banyak menyimpan potensi pariwisata dan sejarah lain.

Seperti Klenteng kota, batu belimbing, Puri Lama Klenteng Dewi Sinmu keberadaan wisata sejarah ini menggambarkan ragam dan budaya di kota Toboali. Dan menurut Haris, keberadaan tempat wisata ini cukup menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Toboali.

" Event TCOF ini juga untuk mendorong potensi wisata yang ada di Toboali. Dan lokasi dan potensi wisata ini cukup ramai di kunjungi wisatawan, baik lokal, maupun luar kota," tambah nya.(Advertorial)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help