Laporan ke KPAI awal 2018 Didominasi Kasus Kekerasan Guru ke Siswa

Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018, Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) menyampaikan sejumlah catatannya terkait dunia

Laporan ke KPAI awal 2018 Didominasi Kasus Kekerasan Guru ke Siswa
THINKSTOCK
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018, Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI) menyampaikan sejumlah catatannya terkait dunia pendidikan di Indonesia.

Komisioner KPAI bidang pendidikan Retno Listyarti mengungkapkan data KPAI dalam tri semester pertama tahun 2018. Mayoritas pengaduan yang masuk ke KPAI didominasi kasus kekerasan fisik dan anak sebagai korban kebijakan sebanyak 72 persen.

Selanjutnya laporan kasus kekerasan psikis 9 persen, kekerasan finansial atau pemalakan/pemerasan 4 persen, dan kekerasan seksual 2 persen.

"Kasus kekerasan seksual oknum guru terhadap peserta didik, pengawasan langsung KPAI mencapai 13 persen," kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/5/2018).

Menurut Retno, umumnya kasus kekerasan seksual lebih banyak dilaporkan ke kepolisian dibandingkan ke lembaganya.

"Kalaupun dilaporkan ke KPAI biasanya kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, khususnya dinas pendidikan agar oknum guru pelaku dinonaktifkan dari tugasnya mengajar," ujar Retno.

Retno menilai, terungkapnya berbagai kasus kekerasan seksual yang dilakukan oknum guru terhadap anak didiknya awal tahun ini menunjukkan bahwa sekolah belum menjadi tempat yang aman bagi anak didik.

"Ternyata sekolah justru bisa menjadi tempat yang membahayakan anak-anak. Guru sebagai pendidik yang mestinya menjadi pelindung bagi anak, justru bisa menjadi oknum yang membahayakan anak-anak," kata dia.

Retno juga menerangkan, ada perubahan tren korban kekerasan seksual. Jika sebelumnya mayoritas korban kebanyakan adalah anak perempuan, tetapi data terakhir awal tahun ini menunjukkan justru korban mayoritas anak laki-laki.

Misalnya kasus kekerasan seksual oknum guru di Kabupaten Tangerang, korbannya mencapai 41 siswa, kasus di Jombang korbannya mencapai 25 siswi.

Halaman
12
Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help