Rebut Tiket Ke Bali, Enam TTG Asal Kabupaten Bangka Dinilai Tim Provinsi

Dari penilaian tersebut maka pemenang TTG asal Kabupaten Bangka ini akan mewakili Provinsi Kepulauan

Rebut Tiket Ke Bali, Enam TTG Asal Kabupaten Bangka Dinilai Tim Provinsi
Bangkapos/Nurhayati
Enam pemenang lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) saat sedang melakukan persentasi pada penilaian Tim Juri Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (2/5/2018) di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Enam pemenang lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2018 dari Kabupaten Bangka mendapat penilaian dari Tim Juri TTG tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (2/5/2018) di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka. 

Keenam TTG yang dinilai tim provinsi tersebut meliputi mesin pelubang plastik mulsa untuk tanaman sayur-sayuran karya Yulianto dari Sungailiat, alat pencuci lada (Acida) karya Suripto dari Desa Dusun Uret Desa Mabet Kecamatan Bakam.

Mesin pencabut batang singkong kasesa beserta dengan isi umbi-umbian karya pembimbing Idiar dengan mahasiswa Andra, Ahmad, Yuszaidi, Kardoni dan Nur Rohman dari Polman Bangka Belitung.

Mesin pengering lakso penemuan dari Zulfandi Yus Andi, Yulianto, Riska Saputri, Debi Gustiranda dan Lilik Sugiarto, mesin pemotong keripik sukun penemuan Sugiyarto dan Eko Yudo dan pemantau ketinggian air berbasis Nodemcu menggunakan Smartphone Android dan IOS penemu M Kevin Marcelino dari Universitas Bangka Belitung.

Dari penilaian tersebut maka pemenang TTG asal Kabupaten Bangka ini akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diajang Lomba TTG tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan September 2018 nanti. 

"Kegiatan teknologi tepat guna kita memberi informasi dan mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat untuk menciptakan alat teknologi tepat guna yang bisa digunakan untuk khalayak umum," jelas Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Arman Agus kepada bangkapos.com. 

Diakuinya ada 16 TTG yang ikut serta dalam ajang lomba TTG tingkat Kabupaten Bangka dimana pemenangnya keenam TTG tersebut.

"Teknologi tepat guna yang digunakan ini selain murah tetapi juga bisa digunakan oleh masyarakat. Seperti mesin pengering lakso yang merupakan makanan tradisional Bangka agar bisa lebih tahan lama dan awet," jelas Arman.

Ia bersyukur TTG dari Kabupaten Bangka pada tahun 2017 lalu dengan  mesin perajang umbi-umbi ciptaan Suripto asal Desa Mabet mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di tingkat nasional di Sulawesi Tengah di Palu. 

Alat ciptaan Suripto tersebut berhasil masuk kategori 10 besar TTG tingkat nasional pada tahun 2017. 

"Untuk saat ini sedang dinilai oleh tim juri teknologi tepat guna tingkat provinsi. Mereka menilai dari seluruh kabupaten/kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk hari ini kita dari Kabupaten Bangka menampilkan enam teknologi tepat guna yang merupakan terbaik di tingkat kabupaten," kata Arman.

Dia berharap TTG dari Kabupaten Bangka berhasil menjadi juara di tingkat nasional yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help