Minat Baca di Indonesia Kurang, Pemerintah Canangkan GERNAS BAKU

Mari kita mengajarkan cara-cara yang baik kepada anak-anak kita, dengan membiasakan diri

Minat Baca di Indonesia Kurang, Pemerintah Canangkan GERNAS BAKU
ist/dok humas dan protokol setda bangka
Plt Bupati Bangka, Rustamsyah mencanangkan Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (GERNAS BAKU) Sabtu (5/4/2018) di Halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Plt Bupati Bangka, Rustamsyah mengatakan berdasarkan survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan Indonesia merupakan negara yang kurang memiliki minat baca

Untuk itu diharapkan orang tua berperan aktif dalam mengajak anaknya membaca buku, dan di sekolah seblum memulai pelajaran anak didik diharapkan untuk membaca buku terlebih dahulu.

Oleh karena itu, pemerintah mencanangkan Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (GERNAS BAKU) bersifat nasional yang dilatar belakangi peran orang tua dalam memberikan literasi.

"Mari kita mengajarkan cara-cara yang baik kepada anak-anak kita, dengan membiasakan diri kita dalam meningkatkan minat baca. Sehingga dengan pembiasaan membaca di rumah dapat meningkatkan minat baca anak sejak usia dini," ajak Rustamsyah melalui rilis Bagian Humas dan Protokol Setda Bangka saat membuka secara resmi pencanangan GERNAS BAKU tingkat Kabupaten Bangka, Sabtu (5/4/2018) di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka.

Menurutnya tujuan dari pencanangan GERNAS BAKU adalah membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak, mempererat hubungan sosial antara anak dan orang tua, menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Rustamsyah menilai sasaran utama dari pencanangan GERNAS BAKU adalah orang tua, warga sekolah dan masyarakat.

Dimana setiap orang tua harus belajar memahami tekhnik membaca buku untuk anak.

"Jadi diharapkan dengan kebiasaan orang tua membaca buku dapat meningkatkan minat dan daya tarik anak untuk ikut membaca buku. Karena ada terdapat tiga komponen utama dalam memajukan pendidikan yakni di masyarakat, di sekolah, dan di rumah," jelas Rustamsyah.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan tari kreasi dari Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Bangka, serta nganggung yang merupakan adat budaya melayu Bangka Belitung.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten 1 Setda Bangka, Kepala RRI Kabupten Bangka, Kepala OPD yang ada di wilayah Kabupaten Bangka, dan guru-guru Paud, TK, SD, dam SMP se Kabupaten Bangka.

Pembukaan kegiatan pencanangan GERNAS BAKU tingkat Kabupaten Bangka ini ditandai dengan pemukulan Gong oleh Plt Bupati Bangka Rustamsyah. (*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved