Kebutuhan Stok Darah di Beltim Masih Kurang Idealnya 3000 Kantong Pertahun

Dalam setahun kebutuhan darah di Kabupaten Belitung Timur idealnya minimal 3000 kantong darah

Kebutuhan Stok Darah di Beltim Masih Kurang Idealnya 3000 Kantong Pertahun
Suharli
Seorang warga desa Simpang Tiga sedang diperiksa tensi, sebelum melakukan donor darah (6/5/2018). 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR - Dalam setahun kebutuhan darah di Kabupaten Belitung Timur idealnya minimal 3000 kantong darah Hal tersebut disampaikan kepala markas  Palang Merah Indonesia (PMI) Belitung Timur Heru Cahyana, A.Md kepada Posbelitung.co

Dari jumlah ideal tersebut, kebutuhan darah di Belitung Timur terbilang masih sangat kurang, dikatakan Heru Kebutuhan darah di Belitung Timur cukup tinggi, terdata di 2017 saja hanya mampu mengumpulkan 2600 kantong darah.

"Kubutuhan darah ideal untuk Beltim pertahun 3000 kantong, untuk menjaga ketersedian stok darah karena jumlah penduduk semakin bertambah," kata Heru (7/5/2018).

Heru menjelaskan stok darah yang ada saat ini dipergunakan untuk kebutuhan Bersalin, operasi dan kecelakaan, namun itu pun tidak banyak,

"Stok yang ada langsung terpakai, karena untuk orang yang melahirkan setidaknya perlu tiga kantong, belum lagi untuk kebutuhan medis lainnya" ujar Heru.

Heru mengatakan kekurangan darah bukan karena masyarakat tidak tahu untuk melakukan donor, akan tetapi akses untuk menuju Unit Transfusi Darah (UTD) terlalu jauh untuk didatangi.(*)

Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved