Simpan 57 Kampil Pasir Timah, Bos Timah Basel Disidang

Giliran bos timah asal Kecamatan Payung Bangka Selatan (Basel) diadili. Kolektor hasil tambang ilegal bernama Johan ini 'dimeja-hijaukan'

Simpan 57 Kampil Pasir Timah, Bos Timah Basel Disidang
Bangka Pos/Fery Laskari
Suasana sidang bos timah asal Kecamatan Payung Bangka Selatan, Terdakwa Johan di PN Sungailiat. Tampak majelis hakim llmeminta terdakwa, jaksa dan para saksi maju kedepan ruang sidang itu, Senin (7/5/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Giliran bos timah asal Kecamatan Payung, Bangka Selatan (Basel) diadili. Kolektor hasil tambang ilegal bernama Johan ini 'dimeja-hijaukan' karena menyimpan timah tanpa izin.

Dia kemudian ditangkap polisi, lalu diadili di Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat, Senin (7/5/2018).

Agenda sidang ketika itu, pemeriksaan saksi. Dua orang polisi, penangkap atau penyidik perkara ini dihadirkan. Kedua aparat tersebut menyatakan telah menemukan barang bukti berupa 57 kampil berisi pasir timah di gudang milik terdakwa Johan.

Kedua saksi dari pihak kepolisian memastikan, saat penggerebekan, Terdakwa Johan tak dapat menunjukan surat atau dokumen resmi.

Selain kedua polisi, ada dua saksi lain yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kurniawan. Kedua saksi yang dimaksud, merupakan penambang, yang mengaku dimodali oleh Terdakwa Johan untuk mencari timah.

"Kami dimodali, Dipinjamkan mesin dan peralatan menambang di daerah Permisi. Baru satu bulan menambang, hasilnya setor ke Johan. Tamban (TI) kami tidak ada ijin," kata penambang yang dijadikan saksi.

Dalam dakwaan, jaksa menyebutkan pengakuan Terdakwa Johan yang mengaku baru lima bulan jadi kolektor pasir timah. Pengolahan mineral tersebut diakui terdakwa, secara ilegal atau tanpa surat ijin.

"Bahwa pengolahan hasil tambang yang dilakukan terdakwa tidak dilengkapi surat ijin," kata JPU Kurniawan, mengulas dakwaan.

Sementara itu, sidang berjalan lancar dipimpin Ketua Majelis Hakim PN Sungailiat, Sarah Louis Simanjuntak, Senin (7/5/2018). Sarah didampingi dua orang anggota majelis, Jonson Parancis dan Oloan Exodus. Sidang pemeriksaan saksi berkahir menjelang petang, dan rencananya dilanjutkan pekan depan.

Penulis: ferylaskari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved