Ini Nama-nama Permainan Pada Seleksi Lomba Permainan Tradisional Babel

Seleksi permainan tradisional tingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018 menyuguhkan beragam permainan dari berbagai kabupaten dan kota

Ini Nama-nama Permainan Pada Seleksi Lomba Permainan Tradisional Babel
Bangka Pos/Nordin
Permainan 'bebinti' yang ditampilkan oleh Kabupaten Bangka pada seleksi permainan tradisional tingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018, Selasa (8/5) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Seleksi permainan tradisional tingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018 menyuguhkan beragam permainan dari berbagai kabupaten dan kota, Selasa (8/5/2018)

Pangkalpinang misalnya menyuguhkan 'maen sabut kelapa kek karong sahang'. Permainan ini menceritakan pemuda pemudi di wilayah ini pada musim panen lada sering mengambil upah ke desa-desa.

Kabupaten Bangka Barat menampilkan 'permainan bola niok sorong'. Permainan ini pada zamannya sering dimainkan anak-anak nelayan dipinggir pantai, saat itu pohon niok masih berdiri tegak.

Kabupaten Belitung Timur bermain 'suit ambong kelapa'. Suit merupakan bahasa Belitung yang berarti alat mengupas kelapa, sedangkan ambong wadah sejenis keranjang dikolaborasikan dengan permainan basket.

Kabupaten Bangka Selatan menampilkan 'gegen len krito angen', permainan ini menggunakan felek ban sepeda yang dipermainkan oleh anak-anak muda di zamannya.

Kabupaten Bangka yaitu 'bebinti', permainan ini merupakan adu ketangkasan antara dua orang, yang di zamannya dimainkan masa panen padi

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved