Rakorkesda 2018 Tekankan 3 Persoalan Ini

Ada tiga perhatian khusus dalam Rapat Koordinasi Kesehatan Daerah 2018 yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Rakorkesda 2018 Tekankan 3 Persoalan Ini
Bangka Pos / Krisyanidayati
Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek menghadiri Rakorkesda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2018 di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Babel, Selasa (8/5/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ada tiga perhatian khusus dalam Rapat Koordinasi Kesehatan Daerah (Rakorkesda) 2018 yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (8/5/2018).

Tiga hal yang menjadi perhatian yaitu percepatan eliminasi tuberkulosis (TBC), penurunan stunting, dan peningkatan cakupan dan mutu imunisasi.

Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek mengatakan tiga hal ini menjadi perhatian bersama terutama terkait imunisasi yang menjadi tahap awal menjaga kekebalan tubuh.

"Kita apresiasi cakupan imunisasi di Babel mencapai 92 persen, imunisasi ini antisipasi awal untuk mencegah penyakit pada anak yang baru lahir. Sehingga anak lahir tidak stunting berat dan tingginya cukup. Stunting kita masih tinggi, dari 10 anak masih ada 4 anak yang stunting," kata Nila saat menghadiri Rakorkesda Babel, di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Selasa (8/5/2018).

Lebih lanjut, Nila menyebutkan Tuberkulosis juga merupakan dampak dari kekurangan gizi.

"TBC pasti kekurangan gizi dan tidak hanya satu penyakit, karena daya tahan tubuh rendah berdampak pada anak. Pembangunan kesehatan harus kerja keras memberikan generasi berkualitas," katanya.

Selain itu, penanganan tiga persoalan ini harus dilakukan bersama, tidak hanya pada penanganan tetap juga harus mendorong perilaku masyarakat untuk hidup sehat, menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

"Kesadaran masyarakat Babel terhadap kesehatan baru 16,7, secara nasional 20 persen. Ini yang harus kita mulai bersama, preventif dan promotif," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help