Aksi Solidaritas Baitul Maqdis Bawa Pesan Bahwa Indonesia Dukung Kemerdekaan Palestina

Aksi solidaritas Baitul Maqdis yang digelar merupakan pesan kepada dunia bahwa Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

Aksi Solidaritas Baitul Maqdis Bawa Pesan Bahwa Indonesia Dukung Kemerdekaan Palestina
KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Aksi Solidaritas Baitul Maqdis di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, aksi solidaritas Baitul Maqdis yang digelar di Lapangan Monumen Nasional pada Jumat (11/5/2018) merupakan pesan kepada dunia bahwa Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

"Pertemuan-pertemuan seperti ini mengirimkan pesan bahwa Bangsa Indonesia tetap komitmen untuk ikut membantu perjuangan rakyat Palestina," kata Anies kepada wartawan usai aksi solidaritas Baitul Maqdis.

Anies mengatakan, sudah menjadi kewajiban bagi Bangsa Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Sebab, Palestina juga mendukung kemerdekaan Indonesia 73 tahun yang lalu.

Baca: Sosok KH Sholeh Qosim yang Wafat saat Salat Magrib, Pernah Berperang di Masa Penjajahan

Ia pun menegaskan bahwa aksi tersebut bukanlah perjuangan sekelompok orang, melainkan perjuangan untuk menghapuskan penjajahan di dunia.

"Ini adalah perjuangan untuk menunjukkan bahwa dunia harus bebas dari penjajahan," kata Anies ketika berorasi di depan ribuan peserta aksi.

Aksi solidaritas Baitul Maqdis digelar untuk menyoroti konflik antara Palestina dan Israel yang berakar pada perebutan bangunan suci atau Baitul Maqdis di Yerusalem.

Baca: Anggota Intel Brimob Tewas Ditikam OTD, Curhat Sang Anak di Media Sosial Bikin Haru

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, ada ratusan ribu peserta yang diperkirakan hadir dalam aksi tersebut.

Adapun 35.000 personil gabungan TNI-Polri akan diterjunkan mengamankan aksi. Sejumlah ruas jalan di kawasan Monas juga ditutup. (Kompas.com/Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Sebut Aksi Solidaritas Baitul Maqdis Bawa Pesan Bahwa Indonesia Dukung Palestina"

 
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help