Desa Pelangas Jaga Keaslian Hutan

esa Pelanggas Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat terkenal dengan alamnya yang masih terjaga dengan baik.

Desa Pelangas Jaga Keaslian Hutan
Istimewa
Suasana pesta adat Desa Pelangas. 

BANGKA POS - Desa Pelanggas Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat terkenal dengan alamnya yang masih terjaga dengan baik.

Jika menuju ibukota Kabupaten Bangka Barat akan terlihat di sepanjang jalan pepohonan menjulang tinggi dengan cuaca khas yang adem adalah ciri khas desa ini.

Di desa yang memiliki tiga dusun ini juga tumbuh adat budaya yang kental. Seperti permainan dambus, tari tanoh, campak, sipin, gunung tali, andei-andei hinga pantun.

Satu diantara dusun dengan suku yang kental dan adat istiadatnya adalah Suku Jerieng. Setiap tahun selalu dilaksanakan perayaan dengan pemberian gelar kepada tokoh-tokoh.

“Sebetulnya di desa ini banyak sekali yang bisa dijadikan sesuatu yang bernilai jika dikelola dengan baik, misalnya pariwisata atau kebudayaan. Sejauh ini belum digarap dengan baik,” ungkap Kades Pelangas, Welly Wahyudi.

Kegiatan penandatanganan pemanfaatan hutan bersama Dinas Kehutanan Provinsi Babel di Desa Pelangas.
Kegiatan penandatanganan pemanfaatan hutan bersama Dinas Kehutanan Provinsi Babel di Desa Pelangas. (Istimewa)

Dia menerangkan, 130 Hektare (Ha) hutan di desanya masih terjaga dengan baik keasliannya. Begitu juga dengan populasi yang ada di lingkungannya.

Di lingkungan hutan ini hidup suku yang menjaganya. Setiap tahun mereka selalu melaksanakan ritual sebagai ucapan terimakasih kepada sang pencipta.

“Kalau mata pencaharian warga mayoritas bertani dan berkebun seperti karet, sawit, lada dan sebagainya,” sebutnya.

Selain itu di desa ini menyimpan potensi pariwisata alam yang menjanjikan yaitu Bukit Penyabung. Terdapat juga buah-buahan seperti durian, manggis, duku dan sebagainya.

Usaha masyarakat yang dikenal luas dan menjanjikan seperti pupuk kompos menjadi andalan desa, karena sudah dikenal di Wilayah Bangka Barat.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved