Ini Cara Agar Bayi Dalam Kandungan Terhindar dari Kelainan Wajah Sumbing

Dr Iqmal Perlianta SpBP, menjelaskan beberapa faktor penyebab terjadinya facial klep atau wajah sumbing bawaan sejak lahir

Ini Cara Agar Bayi Dalam Kandungan Terhindar dari Kelainan Wajah Sumbing
Bangka Pos / Edwardi
Suasana di ruang operasi Rumah Sakit Medika Stannia Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dr Iqmal Perlianta SpBP, dokter spesialis bedah plastik RS Mohammad Hoesin Palembang menjelaskan beberapa faktor penyebab terjadinya facial klep atau wajah sumbing bawaan sejak lahir.

Dilanjutkannya, kelainan ini merupakan cacat yang dibawa sejak lahir disebabkan oleh beberapa faktor.

Intinya pada kehamilan triwulan pertama dimana penyatuan jaringan tidak terjadi secara sempurna.

" Faktor yang mengganggu bisa karena obat-obatan, gizi, keturunan, kekurangan nutrisi dan penyebab lainnya. Intinya proses pembentukan jaringan tidak menyatu,"  kata Dr Iqmal sebelum kegiatan bakti sosial operasi di ruang operasi RSMS Sungailiat, Minggu (13/05/2018).

Dr Iqmal menyarankan agar para ibu-ibu yang sedang hamil bisa merawat Cabang bayinya dengan baik seperti rajin kontrol ke bidan atau dokter sehingga selama kehamilan itu fisiknya terjaga, memakan makanan yang bergizi untuk menghindari timbulnya penghalang yang bisa mengganggu penyatuan jaringan.

"Kita khawatir sewaktu lahir akan menjadi beban, baik bagi si pasien dan keluarga, walaupun ini sudah terjadi tapi masih bisa kita perbaiki mendekati normal," ujarnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved