Sekda Bangka Ingatkan Admin Pemegang Email Sanapati Bisa Jaga Rahasia Negara

Tugas Admin pemegang email Sanapati sangat dituntut dalam memilih serta memilah informasi-informasi yang bersifat rahasia

Sekda Bangka Ingatkan Admin Pemegang Email Sanapati Bisa Jaga Rahasia Negara
ist/dinkominfotik kabupaten bangka
Kegiatan Sosialisasi Penguatan Email Sanapati dalam Pengamanan Informasi di Kabupaten Bangka Tahun 2018, Sabtu (12/05/18) di Ballroom Tanjung Pesona Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sekda Kabupaten Bangka, Akhmad Muksin, mengatakan pentingnya kemampuan figur admin  pemegang email Sanapati karena dituntut untuk memilih, memilah, dan membedakan informasi-informasi yang bersifat rahasia, sangat rahasia, terbatas, penting, dan biasa.

"Kabupaten Bangka telah menunjuk Admin yang bertugas membuka surat rahasia kedinasan yang dikirim melalui email Sanapati tersebut. Tugas Admin pemegang email Sanapati sangat dituntut dalam memilih serta memilah informasi-informasi yang bersifat rahasia, sangat rahasia, terbatas, penting, dan biasa," ungkap Akhmad Muksin melalui rilis yang dikirim Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka ketika membuka Kegiatan Sosialisasi Penguatan Email Sanapati dalam Pengamanan Informasi di Kabupaten Bangka Tahun 2018, Sabtu (12/05/18) di Ballroom Tanjung Pesona Bangka.

Untuk itu Akhmad Muksin mengatakan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola bidang tersebut harus mumpuni sehingga informasi rahasia pemerintah tetap terjaga kerahasiaannya.


Oleh karena itu, SDM yang mengelola bidang ini perlu memahami seutuhnya agar informasi rahasia pemerintah tetap terjaga," pesan Akhmad Muksin.


Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka,  Asmawi Alie yang juga selaku Ketua pelaksana sosialisasi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan jaringan komunikasi sandi antar unit persandian dengan peran admin email Sanapati guna meningkatkan koordinasi kerja dalam upaya pengamanan Infomasi dan jalur Komunikasi strategis di Pemerintah Kabupaten Bangka. 

"Pengamanan informasi dan komunikasi adalah salah satu langkah penting yang perlu dilaksanakan dalam mengoptimalkan penyelenggaraan jaringan komunikasi sandi antar unit persandian," jelas Asmawi.


Oleh karena itu dengan adanya para admin email Sanapati ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi kerja dalam upaya pengamanan infomasi dan jalur komunikasi strategis di Pemerintah Kabupaten Bangka. 


Kegiatan Sosialisasi Penguatan Email Sanapati dalam Pengamanan Informasi di Kabupaten Bangka Tahun 2018 dihadiri Kepala OPD Pemkab Bangka, Segenap Admin Email Sanapati se Kecamatan, Kelurahan dan Admin Email Sanapati Puskesmas Se Kabupaten Bangka.


Acara dilanjutkan oleh pemaparan materi oleh beberapa Nasumber yakni, Irwan Hariyanto SST, Analis Proteksi Keamanan Cyber pada Subdit Layanan Keamanan Informasi Badan Cyber dan Sandi Negara (BSSN), dan Muhammad Akbar yang merupakan Ssandiman dari Dinkominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan dilanjutkan sesi tanya jawab. (*)


Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved