Dari 42 Desa Baru 8 Desa di Belitung yang Sudah Ada Jaringan Pamsimas

Terdapat delapan Desa di Kabupaten Belitung, Selasa (15/5/2018) sudah dibuat Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas)

Dari 42 Desa Baru 8 Desa  di Belitung yang Sudah Ada Jaringan Pamsimas
Bangka Pos / Disa Aryandi
Sosialisasi Pamsimas, Selasa (15/5/2018) diruang rapat Bappeda Belitung. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Terdapat delapan Desa di Kabupaten Belitung, Selasa (15/5/2018) sudah dibuat Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Tiga diantara Pamsimas tersebut, sudah berjalan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Desa setempat.

Tiga Pamsimas yang sudah terjalan itu, di Desa Mentigi, Desa Cerucuk dan Desa Air Batu Buding.

Sedangkan lima Desa yang baru ingin menjalankan Pamsimas, di Desa Perpat, Desa Kembiri, Desa Badau, Desa Lassar, dan Desa Selumar.

"Kemarin sudah berjalan tiga yang terbangun. Nah ini nambah lagi lima, jadi ada delapan. Ini sebetulnya tinggal kesiapan Desa sama masyarakat saja, kalau siap semua, 42 Desa dibangun," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Belitung Arpani kepada posbelitung.co, Selasa (15/5/2018).

Pamsimas ini, merupakan program yang dinilai sangat dibutuhkan oleh warga. Terutama buat mendapatkan air bersih, lantaran 85 persen memenuhi standar pelayanan minimal. Pemerintah Desa, sebagai salah satu ujung tombak buat mendorong terbentuknya Pamsimas.

Program Pamsimas ini, sebagai salah satu buat meningkatkan akses aman air minum yang aman dan sanitasi layak secara berkelanjutan, serta meningkatkan perilaku hidup bersih.

Ini juga buat menurunkan kebiasaan buang air sembarang, dan menurunkan angka penyakit berbasis air, lingkungan dan prilaku buruk.

"Kami menginginkan memang semua Pamsimas di 42 Desa, tapi itu tidak mungkin juga harus semua, karena ada beberapa Desa memiliki SPAM dan PDAM," ucapnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help