Advertorial

Pemkab Basel Kembangkan Potensi Wisata Batu Belimbing

Batu Belimbing menjadi salah satu objek wisata ternama di kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Bentuk dan lekuknya yang menyerupai

Pemkab Basel Kembangkan Potensi Wisata Batu Belimbing
Istimewa
Salah satu objek wisata ternama di kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Batu Belimbing

Laporan Wartawan Bangka Pos Anthoni Ramli

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Batu Belimbing menjadi salah satu objek wisata ternama di kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Bentuk dan lekuknya yang menyerupai buah Belimbing, membuat batu granit besar itu diberi nama masyarakat setempat batu Belimbing.

Objek wisata batu Belimbing berada di jalan Pasiban, Kampung Lalang, Tanjung Ketapang, Toboali Kabupaten Bangka Selatan. Lokasinya pun tak jauh dari pemukiman rumah penduduk.

Tak butuh waktu lama bagi pengunjung untuk sampai ke objek wisata batu Belimbing. Dari kota Toboali hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai ke tempat ini menggunakan sepeda motor atau mobil.

Salah satu objek wisata ternama di kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Batu Belimbing
Salah satu objek wisata ternama di kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Batu Belimbing (Istimewa)

Libur akhir pekan atau libur perayaan hari besar lain, kawasan objek wisata batu Belimbing ramai di kunjungi wisatawan. Baik wisatawan lokal, maupun luar kota/Kabupaten dan daerah lainnya. Terlebih masuk objek wisata batu Belimbing tidak dipungut biaya.

Selain menikmati keindahan panorama, wisatawan juga dimanjakan dengan keindahan pantai batu Perahu, yang berhadapan dengan objek wisata batu Belimbing.

Dilokasi tersebut masyarakat kerap berpose dan mengabadikan keindahan batu Belimbinng bersama keluarga. Selain itu pengunjung juga disugukan pemandangan pepohonan hijau yang indah.

"Biasanya kalau libur akhir pekan, atau libur lebaran, imlek atau lain sebagainya kawasan ini selalu ramai di kunjungi. Baik warga lokal maupun luar daerah lainnya. Kebaanyakan selain bersantai mereka juga sering berfoto di dekat batu Belimbing. Alasannya karena batu unik dan pemandangannya yang indah," kata Ratna warga sekitar objek wisata Batu Belimbing, Selasa (15/5/2018)

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKPO) Kabupeten Bangka Selatan, Haris Setiawan mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengembangkan potensi wisata Batu Belimbing.

Salah satu objek wisata ternama di kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Batu Belimbing
Salah satu objek wisata ternama di kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Batu Belimbing (Istimewa)

Bahkan, belum lama ini pihaknya telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang notabenenya melibatkan masyarakat setempat.

"Sejauh ini kami terus meningkatkaan potensi wisata batu Belimbing. Bahkan kemarin sudah dibentuk Pokdarwis yang melibatkan penduduk setempat," ujar Haris mewakili Bupati Justiar Noer, Selasa (15/5/2018)

Selain membentuk Pokdarwis, lanjut Haris saat ini pihaknya telah membangun sarana prasarana pokok seperti toilet. Selain itu, pihaknya juga akan membangun sarana penunjang lain seperti aarea parkir, taman dan sarana prasarana penunjang lainnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan promosi ke daerah-daerah lain terkait potensi wisata Batu Belimbing.

" Promosi juga sudah ya, tinggal nanti sarana prasaran penunjang seperti area parkir, taman dan lokasi kuliner. Cuma saaat ini kami masih terkendala pembebasan lahan," pungkasnya.(Advertorial)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help